Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus: Jalan Raya Serang – Jakarta Km 5 – Km 9, Kab. Serang)

FAJAHIYAH, PUJA (2024) ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus: Jalan Raya Serang – Jakarta Km 5 – Km 9, Kab. Serang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_fulltext.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_01.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_02.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_03.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_04.pdf

Download (666kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_05.pdf

Download (869kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_06.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_Ref.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_Lamp.pdf

Download (513kB)
[img] Text
Puja Fajahiyah_3336190004_CD.pdf

Download (26MB)

Abstract

Prasarana transportasi sangat berpengaruh terhadap aktifitas masyarakat yang dapat meningkatkan kebutuhan ekonomi sehingga harus disediakan Infrastruktur jalan yang lancar, aman, nyaman dan berdaya guna dalam pengembangan wilayah dan meningkatkan daya saing daerah. Ruas Jalan Raya Serang – Jakarta Km 5 – Km 9 merupakan ruas jalan penghubung lintas provinsi. Ruas jalan ini merupakan ruas jalan utama yang digunakan untuk kepentingan industri yang banyak dilalui kendaran bermuatan besar serta keperluan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya, sehingga keadaan infrastruktur jalan harus menunjang pada sektor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat nilai kondisi perkerasan jalan dan membandingkan nilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga. Penilaian kondisi suatu jalan dengan menggunakan metode PCI yaitu dengan merangking index nilai 0-100 sesuai dengan nilai PCI yang didapat sedangkan metode Bina Marga penilaian berdasarkan urutan prioritas jalan dengan nilai 0-7. Berdasarkan hasil pengukuran langsung panjang jalan yang diteliti 4 km dan lebar 12 meter. Dari hasil dan perhitungan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) secara keseluruhan pada jalan tersebut yaitu 70,8 maka kondisi perkerasan jalan dinyatakan baik (good). Dan urutan prioritas penanganan jalan menggunakan metode Bina Marga terletak pada rentang nilai 0 – 7, dengan nilai urutan jalan prioritas yang didapatkan 4, dapat disimpulkan rekomendasi jalan tersebut masuk kedalam program pemeliharaan berkala. Kata kunci : Kerusakan Jalan, Metode PCI, Metode Bina Marga.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBETHARI, RINDU TWIDI198212062010122001
Thesis advisorINTARI, DWI ESTI19860124201042001
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Puja Fajahiyah
Date Deposited: 20 May 2024 16:23
Last Modified: 20 May 2024 16:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/35472

Actions (login required)

View Item View Item