Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA PADA JALAN RAYA DAAN MOGOT

Sukmana, Raihan Afif (2023) ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA PADA JALAN RAYA DAAN MOGOT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_Fulltext.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_01.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_02.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_03.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_04.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_05.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_06.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_Ref.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Raihan Afif Sukmana_3336170050_Lamp.pdf

Download (15MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Raihan Afif Sukmana_3336170050_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Daan Mogot Road is a national road that connects West Jakarta and Tangerang City which is always passed by many road users every day like motorcycles, cars, and trucks as well as public transportation such as city transport and bus. According to the data from the Traffic Unit of Tangerang City Police Station in the year 2018, there are 45 cases of traffic accidents, in the year of 2019 there are 29 cases of traffic accidents, in the year of 2020 there are 37 cases of traffic accidents and in the year of 2021 there are 34 cases of traffic accidents on Daan Mogot Road. Within 3 years there were 145 cases of accidents occurred on the Daan Mogot Road. Therefore, Daan Mogot Road was chosen as the area to be evaluated for road safety to know the cause of accidents and accident rate seen from various aspects so that alternative countermeasures can be provided. There are three methods used in this study, Accident Equivalent Rate and Upper Control Limit to analyze accident-prone areas and The Gross Output (Human Capital) method to count accident victim costs. According to the inspection of accident data, segments 3 and 4, or Kel. Tanah Tinggi and Kel. Batuceper in Tangerang City has the highest accident rate of the five Daan Mogot sections. The human factor is the main factor of accidents in every segment. Front-rear collisions are the most common type of accident, followed by side-to-side collisions and pedestrian collisions.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBUDIMAN, ARIEF197105272005011001
Thesis advisorINTARI, DWI ESTI198601242014041001
Additional Information: Jalan Raya Daan Mogot merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Jakarta Barat dan Kota Tangerang yang setiap harinya selalu dilewati oleh banyak pengguna jalan baik motor, mobil pribadi, truk besar maupun kendaraan umum seperti angkutan kota dan bus. Menurut data dari Satlantas Polres Metro Tangerang Kota pada tahun 2018 terdapat 45 kasus kecelakaan lalu lintas, pada tahun 2019 terdapat 29 kasus kecelakaan lalu lintas, pada tahun 2020 tercatat sebanyak 37 kasus kecelakaan lalu lintas dan pada tahun 2021 tercatat sebanyak 34 kasus kecelakaan lalu lintas pada Jalan Raya Daan Mogot. Dalam waktu 3 tahun tercatat sebanyak 145 kasus kecelakaan lalu lintas yang sudah terjadi pada Jalan Raya Daan Mogot. Oleh karena itu, Jalan Daan Mogot dipilih sebagai daerah yang akan dilakukan evaluasi mengenai keselamatan jalan untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan dan tingkat kecelakaan dilihat dari berbagai aspek sehingga dapat diberikan alternatif pencegahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga metode yaitu metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper Control Limit (UCL) untuk menganalisis daerah rawan kecelakaan dan metode The Gross Output (Human Capital) untuk menghitung biaya kerugian korban kecelakaan. Menurut pemeriksaan data kecelakaan, segmen 3 dan 4, atau Kel. Tanah Tinggi dan Kel. Batuceper di Kota Tangerang memiliki angka kecelakaan tertinggi dari lima ruas Daan Mogot. Faktor manusia adalah faktor utama kecelakaan di setiap ruas. Tabrakan dari depan dengan belakang adalah jenis kecelakaan yang paling umum, diikuti oleh tabrakan samping dan tabrakan pejalan kaki.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: raihan sukmana
Date Deposited: 06 Apr 2023 10:11
Last Modified: 06 Apr 2023 10:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item View Item