Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS LAJU KOROSI DAN SIFAT MEKANIK PADA MATERIAL BAJA ASTM A36 UNTUK ROTOR BEZIER-SAVONIUS DENGAN MEDIA AIR LAUT

Senopati Rabbani, Duta (2025) ANALISIS LAJU KOROSI DAN SIFAT MEKANIK PADA MATERIAL BAJA ASTM A36 UNTUK ROTOR BEZIER-SAVONIUS DENGAN MEDIA AIR LAUT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (FULL TEXT)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_Full Text.pdf

Download (2MB)
[img] Text (01)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_01.pdf

Download (384kB)
[img] Text (Bab 2)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_02.pdf

Download (605kB)
[img] Text (Bab 3)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_03.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Bab 4)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_04.pdf

Download (824kB)
[img] Text (Bab 5)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_05.pdf

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_Ref.pdf

Download (107kB)
[img] Text (Lampiran)
DUTA SENOPATI RABBANI_3331210013_Lamp.pdf

Download (860kB)

Abstract

Sekitar 97% air di Bumi berada di lautan yang menutupi 71% permukaan, dan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan 17.499 pulau serta garis pantai sepanjang 104.000 km memiliki potensi besar dalam pemanfaatan sumber daya laut, termasuk energi laut sebagai sumber energi listrik terbarukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis ketahanan korosi dan sifat mekanik material baja ASTM A36 yang digunakan pada turbin Savonius di lingkungan laut. Penelitian dilakukan dengan metode perendaman selama 10 hari (240 jam) dan 15 hari (360 jam), baik dengan metode setengah tenggelam maupun tenggelam penuh. Spesimen diuji sesuai standar ASTM E8 untuk uji tarik (N/mm2 ), ASTM G1-90 untuk uji korosi (mmpy), serta dilakukan pengujian metalografi dan kekasaran permukaan untuk mendapatkan visual mikrostruktur dan roughness average (μm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa material ASTM A36 mengalami laju korosi berbeda tergantung waktu dan metode perendaman, dengan nilai laju korosi tertinggi sebesar 0,438 mm/year (mmpy) pada metode setengah tenggelam selama 15 hari. Jenis korosi yang terjadi adalah pitting corrosion, yang menimbulkan lubang pada permukaan. kekuatan tarik material menurun hingga 14,90%, regangan menurun hingga 48,05%. Penurunan sifat mekanik ini terjadi karena berkurangnya luas penampang dan berat spesimen akibat proses korosi yang berlangsung selama perendaman.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriawan Suprayogi, Dedy198206212022031001
Thesis advisorSunardi, Sunardi197312052006041002fa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Duta Senopati Rabbani
Date Deposited: 23 May 2025 08:31
Last Modified: 23 May 2025 08:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/48999

Actions (login required)

View Item View Item