Dwi Anggrayni, Hanifah (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 3 Ciruas Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOORSTUDY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR.pdf Download (16MB) |
Abstract
This study aims to determine the ability to understand the concept of students using the Outdoor Study Learning Method against students using Indoor Study Learning Method. The type of research used is quasi experimental in the form of non equivalent control group design. Sampling was done using purposive sampling technique. The selected sample is class VA as experimental class which get treatment and class VB as control class which not get treatment. Based on pretest data processing obtained by average value of student of experiment class equal to 30,38 while control class equal to 29,75. After the lesson, both classes are given posttest. Based, on the data processing and posttest obtained the average ability of students’s concept understanding on the subjects of IPS students experimental class of 80,61 while the control class of 58,39 from the results of the difference test average. To test the hypothesis used test inferensial. The result of test the right obtained t-value 5,74 and t-tabel 1,673. Based on the result of this research can be concluded that the ability to understand student’s concepts on the subjects of IPS students using the Outdoor Study Learning Method there is better than the students who use Indoor Study Learning Method.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) dengan peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran Indoor Study. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dan VB sebagai kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Berdasarkan pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen sebesar 30,38 sedangkan kelas kontrol sebesar 29,75. Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan posttest. Berdasarkan pengolahan data posttest diperoleh rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas eksperimen sebesar 80,61 sedangkan kelas kontrol 58,39 dari hasil uji beda ratarata. Untuk menguji hipotesis digunakan uji inferensial. Berdasarkan hasil uji pihak kanan diperoleh t-hitung = 5,74 dan t-tabel = 1,673. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPS peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan Metode Pembelajaran Indoor Study. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2021 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4319 |
Actions (login required)
View Item |