Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN LIMBAH ALUMINIUM DAN MILL SCALE TERHADAP KONDUKTIFITAS LISTRIK, POROSITAS, DAN KEKERASAN UNTUK MATERIAL PELAT BIPOLAR

Chanif, Ilham (2018) PEMANFAATAN LIMBAH ALUMINIUM DAN MILL SCALE TERHADAP KONDUKTIFITAS LISTRIK, POROSITAS, DAN KEKERASAN UNTUK MATERIAL PELAT BIPOLAR. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL DRAFT - ILHAM CHANIF 3334141918.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - ILHAM CHANIF 3334141918.pdf

Download (221kB)

Abstract

Fuel cell adalah sumber energi ramah lingkungan yang sangat menjanjikan untuk masa kini dan masa depan. Fuel cell dapat diaplikasikan pada mobil, bus, sepeda motor, atau kapal laut maupun kereta api. Salah satu komponen penting fuel cell adalah pelat bipolar. Pelat ini dapat terbuat dari logam atau campuran logam. Mill scale merupakan salah satu limbah hasil industri baja dalam proses rolling. Kandungan dalam mill scale berupa material besi oksida dalam bentuk (magnetit, hematit dan wustit). Mill scale adalah limbah industri yang masih memiliki kandungan besi yang cukup tinggi (sekitar 72% Fe), dengan fasa dominan yang terkandung dalam mill scale adalah fasa hematit (Fe2O3). Reduksi mill scale dilakukan untuk menghasilkan fasa Fe yang lebih banyak dan selanjutnya akan digunakan sebagai bahan baku material pelat bipolar. Reduksi optimal secara laboratorium dilakukan pada temperatur 1000 C dengan waktu tahan selama 2 jam. Hasil reduksi dicampurkan dengan limbah aluminium yang telah dilakukan proses pengecilan ukuran. Pencampuran dilakukan selama 10 menit, dan disintering pada temperatur 550,575 dan 600 0 C selama 1 jam. Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapat nilai densitas dan porositas terbaik yaitu pada temperatur sintering 575 0 C, selanjutnya dilakukan proses optimasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan memperpanjang waktu tahan yang digunakan. Pengujian densitas dan porositas yang dilakukan mengacu pada prinsip Archimedes, pengujian kekerasan dilakukan dengan menggunakan alat micro vickers hardness, dan pengujian konduktivitas listrik dengan menggunakan metode four point probe. Untuk menganalisa fasa yang terbentuk dari hasil proses sintering dilakukan pengujian x-ray diffraction, sedangkan untuk melihat distribusi partikel serta fasa yang terbentuk dipermukaan pengamatan mikro struktur menggunakan scanning electron microscope.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerudini, Deni ShidqiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fuel Cell, Mill scale, Limbah Aluminium, Sintering, Micro Vickers Hardness, X-Ray Diffraction
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Aug 2024 16:25
Last Modified: 21 Aug 2024 16:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41224

Actions (login required)

View Item View Item