Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI DALAM PENGADAAN KAPAL TUNDA (STUDI KASUS: PT. XYZ)

MAHARANI, DENISSA (2024) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI DALAM PENGADAAN KAPAL TUNDA (STUDI KASUS: PT. XYZ). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_Fulltext.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_02.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_01.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_03.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_05.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_04.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_06.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_Ref.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Denissa Maharani_3333200046_Lamp.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Denissa Maharani_3333200046_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

PT. XYZ is a Port Business Entity that serves delays in the Banten area. The high use of tug services based on ship traffic with ship length classes above 250 meters at PT. Based on the research results, it was found that the average tug service income in the 10 year projection was IDR 102.974.009.054. Based on the results of the NPV method for the first scenario. it was IDR 26.523.052.938. then for the second scenario it was IDR 28,604,093,815, the IRR method in the first scenario obtained a calculation result of 11,70%, then in the second scenario it was 10,76%., Furthermore, in the first scenario BCR method the result was 1,98, while in the second scenario it was 2,37, in the PP method, in the first scenario the result was 12,79 years, while in the second scenario it was 13,85 years and finally the ROI value , in the first scenario it is 21%, while in the second scenario it is 19%. The results of the sensitivity analysis are based on the average NPM in the first scenario, which is 7%, in the second scenario, the results obtained are 13%. Based on the investment feasibility parameters obtained in the first and second scenarios, it is feasible to carry out, but the first scenario has greater advantages than the second scenario.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSirajuddin, Sirajuddin197712212009121002
Thesis advisorGunawan, Akbar198309282014041001
Additional Information: PT. XYZ merupakan Badan Usaha Pelabuhan yang melayani penundaan di wilayah Banten. Tingginya penggunaan jasa tunda berdasarkan traffic kapal dengan kelas panjang kapal diatas 250 meter pada pelabuhan PT.XYZ membuat PT.XYZ berencana untuk melakukan investasi pengadaan kapal tunda dengan membuat skenario, yaitu pembelian kapal tunda baru atau dengan dengan skema charter. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata pendapatan jasa tunda dalam proyeksi 10 tahun sebesar Rp102.974.009.054. Berdasarkan hasil metode NPV skenario pertama sebesar Rp26.523.052.938, kemudian untuk skenario kedua sebesar Rp28.604.093.815, pada metode IRR pada skenario pertama diperoleh hasil perhitungan sebesar 11,70%, kemudian pada skenario kedua sebesar 10,76%., selanjutnya pada metode BCR skenario pertama didapatkan hasil sebesar 1,98, sedangkan pada skenario kedua diperoleh sebesar 2,37, pada metode PP, pada skenario pertama diperoleh hasil 12,79 tahun, sedangkan pada skenario kedua yaitu 13,85 tahun dan terakhir nilai ROI, pada skenario pertama yaitu sebesar 21%, sedangkan skenario kedua yaitu sebesar 19%. Hasil analisis sensitivitas berdasarkan rata-rata NPM pada skenario pertama yaitu sebesar 7%, pada skenario kedua yaitu diperoleh hasil sebesar 13%. Berdasarkan parameter kelayakan investasi yang diperoleh pada skenario pertama dan kedua layak untuk dijalankan namun skenario pertama memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan skenario kedua.
Subjects: Communication > Science Journalism
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Mrs Denissa Maharani
Date Deposited: 23 Jul 2024 09:45
Last Modified: 23 Jul 2024 09:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39192

Actions (login required)

View Item View Item