Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI BEBAN KERJA DAN PERSEPSI LINGKUNGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP BURNOUT PADA PERAWAT ICU RSUD KOTA CILEGON

APRILIAN, RINALDY (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI BEBAN KERJA DAN PERSEPSI LINGKUNGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP BURNOUT PADA PERAWAT ICU RSUD KOTA CILEGON. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fullltext)
FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover Sampai Abstrak.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara persepsi beban kerja dan persepsi lingkungan psikososial terhadap burnout pada perawat ICU RSUD Kota Cilegon. Dalam penelitian ini menggunakan software SPSS dan menggunakan beberapa pengujian untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan lingkungan psikososial dengan burnout. Responden pada penelitian ini adalah 16 perawat yang bekerja di ruang ICU RSUD Kota Cilegon. Analisis data dengan menggunakan teknik multiple linear regression. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan beban kerja dengan burnout secara positif dan signifikan bahwa burnout akan mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya beban kerja perawat, namun hubungan lingkungan psikososial dengan burnout tidak terdapat hubungan yang signifikan. Dimensi utama pada burnout yaitu kelelahan mental dengan total skor 200 dilakukan menggunakan diagram pareto. Mengatasi kelelahan mental menggunakan 5W+1H dengan cara memberikan persepsi yang baik dari kepala team atau atasan pada perawat mengenai pekerjaan perawat agar termotivasi dalam bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorSusihono, WahyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Lingkungan Psikososial, Burnout
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:04
Last Modified: 09 Jul 2024 12:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37941

Actions (login required)

View Item View Item