Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENJADWALAN FLOW SHOP PROJECT SIGN BOARD MDI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH DAN CROSS ENTROPY GENETIC ALGORITHM

ANUGERAH, AGIE BATRIA (2021) PENJADWALAN FLOW SHOP PROJECT SIGN BOARD MDI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH DAN CROSS ENTROPY GENETIC ALGORITHM. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Agie Batria Anugerah_3333170094_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Agie Batria Anugerah_3333170094_TA Cover-Abstack B.Inggris.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penjadwalan produksi sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menyusun suatu prioritas pekerjaan atau job. PT XYZ merupakan perusahaan dibidang fabrikasi baja berat dengan alur produksi flow shop. Pada proses produksi di PT XYZ sering mengalami tidak sesuai perencanaan produksi yang belum tepat waktu. Hal ini dikarenakan belum sesuai perencanaan produksi dan eksekusi pada saat di lapangan. Permasalahan ini terjadi pada salah satu produk proyek pembuatan Sign Board MDI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menentukan usulan urutan job penjadwalan flow shop dan menghitung nilai makespan terkecil yang didapat berdasarkan perbandingan antara kondisi eksisting perusahaan dan penjadwalan usulan menggunakan metode Campbell Dudek Smith (CDS) dan Cross Entropy Genetic Algorithm (CEGA) dengan bantuan bahasa pemrograman Python. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini di antaranya adalah kondisi eksisting perusahaan dengan urutan job 1-2-3-4-5 menghasilkan makespan sebesar 23.520 menit, metode Campbell Dudek Smith (CDS) dengan urutan job 5-3-4-1-2 menghasilkan makespan sebesar 23.520 menit, dan metode Cross Entropy Genetic Algorithm (CEGA) dengan urutan job 3-4-1-2-5 menghasilkan makespan sebesar 22.080 menit. Maka metode usulan terbaik yaitu menggunakan metode CEGA dengan nilai makespan lebih kecil selisih sebesar 1.440 menit.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorIrman, AdeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cross Entropy Genetic Algorithm (CEGA), Python, Campbell Dudek Smith (CDS), Penjadwalan Flow Shop.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:03
Last Modified: 09 Jul 2024 12:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37936

Actions (login required)

View Item View Item