Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN KERJA OLEH MANUSIA DAN MANAJEMEN (Studi Kasus Proyek Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta)

Nurhidayatullah, Asep (2019) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN KERJA OLEH MANUSIA DAN MANAJEMEN (Studi Kasus Proyek Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Cover - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Abstract.pdf

Download (37kB)

Abstract

Pada pelaksanaan pembangunan proyek pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota jakarta terjadi kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab yang berpengaruh pada kecelakaan kerja, penyebab risiko dominan dan program keselamatan kerja pada proyek Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara survey melalui kuesioner dan divalidasi oleh para pakar untuk penentuan variabel, penyebaran kuesioner, pengujian validitas reliabilitas dan normalitas dengan SPSS v.20 trial, analisa risiko dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui peringkat faktor risiko dan level risiko serta wawancara kepada responden untuk analisa tindak lanjut. Terdapat dua faktor risiko dominan yaitu tidak menggunakan alat perlindungan diri yang telah disediakan (X9) dengan nilai FR sebesar 0,938 dan kurangnya kewaspadaan akan keselamatan kerja (X2) dengan nilai FR sebesar 0,934. Setelah itu kedua faktor tersebut diuji korelasinya terhadap kecelakaan kerja dan didapat hasil sebesar 0,036 untuk risiko tidak menggunakan alat perlindungan diri yang telah disediakan (X9) dan 0,095 untuk risiko kurangnya kewaspadaan akan keselamatan kerja (X2) yang dapat disimpulkan bahwa risiko tersebut tingkat korelasi sangat lemah pada proyek pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota jakarta. Secara garis besar faktor penyebab risiko tersebut adalah adanya pekerja yang tidak memperhatikan alat sebagai pelindung keselamatan dari bahayabahaya sekitar, khususnya pekerja diatas ketinggian yang menyebabkan kerentanan pada kecelakaan kerja pada proyek. Sehingga program keselamatan kerja yang efektif adalah dengan melakukan induction HSE (Healthy, Safety, And Environment) pentingnya alat pelindung diri

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Layang, Kecelakaan Kerja, Identifikasi Faktor Risiko, AHP
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Jul 2024 14:08
Last Modified: 05 Jul 2024 14:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37646

Actions (login required)

View Item View Item