Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA UMUR DAN KEHAUSAN PAHAT KARBIDA UNTUK MEMBUBUT ALUMUNIUM DENGAN VARIASI RPM DAN KECEPATAN POTONG PADA MESIN CNC LATHE HAAS DI PT. GEMA AIR MASINDO

Dimas, Satrio (0023) ANALISA UMUR DAN KEHAUSAN PAHAT KARBIDA UNTUK MEMBUBUT ALUMUNIUM DENGAN VARIASI RPM DAN KECEPATAN POTONG PADA MESIN CNC LATHE HAAS DI PT. GEMA AIR MASINDO. Project Report. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Cilegon.

[img] Text (LAPORAN KERJA PRAKTEK)
LAPORAN KP_Dimas Satrio Sumarno_3331200086.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://untirta.ac.id/

Abstract

Mesin CNC Bubut juga disebut CNC Turning Machines. Dengan adanya mesin CNC dapat mengurangi campur tangan operator selama mesin sedang beroperasi, sehingga mempermudah serta mempercepat pekerjaan suatu produk. Mesin CNC memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan mesin perkakas konvesional sejenis Keuntungan mesin CNC antara lain: Produktivitas tinggi, ketelitian pengerjaan tinggi, waktu produksi lebih cepat, biaya pembuatan lebih murah, kapasitas produksi lebih besar, dapat digabung dengan mesin lain, dalam hal ini adalah mesin CAD/CAM dengan perangkat tambahan sehingga pemakaian mesin CNC akan lebih efektif. Selama proses pemesinan berlangsung terjadi interaksi antara pahat dengan benda kerja dimana benda kerja terpotong sedangkan pahat mengalami gesekan. Gesekan yang dialami pahat oleh permukaan geram yang mengalir dan permukaan benda kerja yang telah terpotong. Akibat gesekan ini pahat mengalami keausan. Keausan pahat ini akan makin membesar sampai batas tertentu. Lamanya waktu untuk mencapai batas keausan ini yang didefinisikan sebagai umur pahat (tool life).

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
UNSPECIFIEDWisnuadji, Aswata201501022056
Uncontrolled Keywords: Mesin CNC, Tool Life
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Dimas Satrio Sumarno
Date Deposited: 12 Jun 2024 16:30
Last Modified: 12 Jun 2024 16:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36193

Actions (login required)

View Item View Item