Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Systematic Literature Review: Adversity Quotientdan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika

Sutisna, Eki and Novaliyosi, Novaliyosi and Hendrayana, Aan and Mutaqin, Anwar (2022) Systematic Literature Review: Adversity Quotientdan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika., 10 (2). pp. 253-267. ISSN 2579-3209

[img] Text
5. Systematic Literature Review Adversity Quotientdan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan hubungan antara AQ dan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika SMA/MA/SMK. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: develop research questions; selection criteria; developing the search strategy; the study selection process; coding studies; appraising the quality studies; dan synthesis result. Dari hasil pencarian diperoleh 147 artikel, kemudian diperoleh 32 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry, Problem Based Learning (PBL) bernuasa Etnomatika, PBL Berbantuan Scaffolding, Learning Cycle 7E disertai Mind Mapping, Thinking Aloud Pairs Problem Solving, Two Stay Two Stray serta Discovery Learning dapat menjadi rujukan dalam pembelajaran matematika karena memberikan pengaruh positif pada kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis, pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran kreatif, prestasi belajar, kepercayaan diri, kemandirian belajar, serta motivasi berprestasi ditinjau dari AQ. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dilihat dari beberapa tipe AQ. Siswa quitter adalah siswa yang mudah menyerah, siswa camper adalah siswa yang lebih cepat merasa puas dengan hasil yang ditemukan tanpa mengecek kembali hasil jawabannya dan siswa climber adalah siswa yang memiliki sikap pantang menyerah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Novaliyosi M.Pd
Date Deposited: 31 May 2024 10:43
Last Modified: 31 May 2024 10:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item