Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INSTALASI SOLAR PANEL UNTUK PENGEMBANGAN LOW EMISSION VEHICLES

JONATHAN, GABRIEL (2024) INSTALASI SOLAR PANEL UNTUK PENGEMBANGAN LOW EMISSION VEHICLES. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_03.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_02.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_04.pdf

Download (697kB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_05.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_Ref.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_Lamp.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Skripsi Gabriel Jonathan_Turnitin.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Gabriel Jonathan_3331200036_01.pdf

Download (433kB)

Abstract

Perubahan iklim dan peningkatan polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor telah mendorong pencarian alternatif energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Kendaraan listrik muncul sebagai salah satu solusi, namun membutuhkan sumber daya listrik yang besar dan berkelanjutan. Solar panel menawarkan solusi potensial dengan mengubah energi matahari menjadi listrik melalui proses fotovoltaik. Penelitian ini berfokus pada desain, instalasi, dan evaluasi sistem solar panel yang terintegrasi pada kendaraan beremisi rendah. Tujuannya adalah mengeksplorasi potensi penggunaan solar panel dalam menyediakan energi bersih dan berkelanjutan untuk kendaraan serta mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang terkait dengan implementasinya. Penelitian ini mencakup analisis teknis mengenai performa solar panel dalam berbagai kondisi operasional dan dampaknya terhadap efisiensi energi serta emisi karbon kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi rata-rata panel surya selama periode pengujian adalah 21.08% pada 18 Juni 2024, 21.10% pada 19 Juni 2024, dan 20.46% pada 20 Juni 2024. Daya rata-rata yang dihasilkan adalah 39.67 W dengan variasi yang mencerminkan respons terhadap kondisi cuaca dan intensitas sinar matahari harian. Baterai berkapasitas 60 Wh dengan tegangan 12V dan kapasitas arus 5Ah menunjukkan waktu pengisian rata-rata 92 menit selama periode pengujian. Implementasi solar panel pada kendaraan berpotensi mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan emisi gas buang, sesuai dengan tujuan pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan solusi efektif dan efisien untuk mengatasi tantangan lingkungan sektor transportasi dan mendorong penggunaan energi terbarukan secara lebih luas. Keyword : Efisiensi, Fotovoltaik, Implementasi, Kendaraan Listrik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPINEM, MEKRO198902262015041002
UNSPECIFIEDSATRIA, DHIMAS198305102012121006
Additional Information: Perubahan iklim dan peningkatan polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor telah mendorong pencarian alternatif energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Kendaraan listrik muncul sebagai salah satu solusi, namun membutuhkan sumber daya listrik yang besar dan berkelanjutan. Solar panel menawarkan solusi potensial dengan mengubah energi matahari menjadi listrik melalui proses fotovoltaik. Penelitian ini berfokus pada desain, instalasi, dan evaluasi sistem solar panel yang terintegrasi pada kendaraan beremisi rendah. Tujuannya adalah mengeksplorasi potensi penggunaan solar panel dalam menyediakan energi bersih dan berkelanjutan untuk kendaraan serta mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang terkait dengan implementasinya. Penelitian ini mencakup analisis teknis mengenai performa solar panel dalam berbagai kondisi operasional dan dampaknya terhadap efisiensi energi serta emisi karbon kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi rata-rata panel surya selama periode pengujian adalah 21.08% pada 18 Juni 2024, 21.10% pada 19 Juni 2024, dan 20.46% pada 20 Juni 2024. Daya rata-rata yang dihasilkan adalah 39.67 W dengan variasi yang mencerminkan respons terhadap kondisi cuaca dan intensitas sinar matahari harian. Baterai berkapasitas 60 Wh dengan tegangan 12V dan kapasitas arus 5Ah menunjukkan waktu pengisian rata-rata 92 menit selama periode pengujian. Implementasi solar panel pada kendaraan berpotensi mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan emisi gas buang, sesuai dengan tujuan pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan solusi efektif dan efisien untuk mengatasi tantangan lingkungan sektor transportasi dan mendorong penggunaan energi terbarukan secara lebih luas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Gabriel Jonathan Candrika
Date Deposited: 01 Aug 2024 14:38
Last Modified: 08 Aug 2024 14:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39979

Actions (login required)

View Item View Item