Firmansyah, Teguh and Herudin, Herudin and SP, Anggoro and Supriyanto, Toto (2017) Peningkatan Bandwidth Antena Mikrostrip Lingkaran Menggunakan Metode Beleved Half Cut. In: Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, 4 Februari 2017, Malang.
Text (Link Document)
[28] Doc SNIA.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
Text (Link Bukti Korespondensi)
[28] Korespon SNIA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Link Sertifikat)
[28] Sertifikat SNIA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Link Cek Similarity)
[28] Similarity SNIA.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Metode beleved half cut diterapkan dengan memotong sebagian sisi patch dari antena mikrostrip. Antena lingkaran ini memiliki dimensi 85.8 mm x 59.8 mm dengan jari-jari patch sebesar 27.9 mm. Hasil perancangan menunjukan antena mikrostrip lingkaran ini memiliki kinerja frekuensi atas 3.00 GHz, frekuensi bawah 1.15 GHz, bandwidth 1.85 GHz, gain 3.0 dBi, dan directivity 4.0 dBi. Antena ini kemudian dimodifikasi menggunakan metode beleved half cut dengan d(mm) paling optimal saat bernilai 16 mm. Hasil perancangan antena lingkaran dengan beleved half cut memiliki kinerja diantaranya frekuensi atas 3.30 GHz, frekuensi bawah 1.125 GHz, bandwidth 2.175 GHz, gain 2.8 dBi, dan directivity 3.93 dBi. Walaupun memiliki dimensi yang identik, antena ini memiliki peningkatan nilai bandwidth hingga 325 MHz. Penelitian ini menunjukan bahwa metode beleved half cut dapat dipergunakan untuk meningkatkan bandwidth anten
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering | ||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro 03-Fakultas Teknik |
||||||
Depositing User: | Dr.Eng Teguh Firmansyah | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2023 20:45 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2023 20:45 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23756 |
Actions (login required)
View Item |