Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM BASA

Marganda, Florita (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Florita Margandaa_2282170007_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_02.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_01.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_05.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_04.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_Lamp.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_Ref.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Florita Margandaa_2282170007_03.pdf

Download (466kB)

Abstract

The COVID-19 outbreak that hit Indonesia had an impact on the education sector. One of the impacts felt in the field of education is practicum activities that cannot be carried out effectively because it considers the work safety of students when carrying out practical activities. This resulted in a decrease in the quality of learning, including the science process skills of the students. Therefore, researchers have a solution by developing interesting, interactive, and integrated teaching materials with the principles of green chemistry. This study aims to describe the results of the feasibility analysis and the results of student responses to the developed E-LKPD. The method used in this study is Research and Development (R&D) and the ADDIE model design which consists of five stages, namely, analysis (analyze), design (design), development (develop), implementation (implementation), and evaluation (evaluate). E-LKPD products based on green chemistry were tested on 10 students of class XI and XII MIPA who had studied acid-base material. Based on the validation results which were analyzed using the Aiken's V validity test with the benchmark Vcount > Vtable (0.78) obtained 'Valid' results, namely, the Vcount value of 0.87 for the presentation aspect, the Vcount value of 0.84 for the language aspect, the Vcount value of 0.88 for the content aspect, the value of Vcount is 0.83 for the E-LKPD design aspect. The results of the questionnaire analysis of student responses to green chemistry-based E-LKPD got a score of 69.9% in the 'Good' category. It can be concluded that the green chemistry-based E-LKPD has good qualifications to be applied as teaching materials to students in learning chemistry on acid-base materials. Keywords: Acid-base, E-LKPD, green chemistry, practicum activities, and science process skills.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSOLFARINA, SOLFARINA197304202000122000
Thesis advisorIRHAMNI, IRHAMNI0030057802
Additional Information: Wabah covid-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak pada bidang pendidikan. Salah satu dampak yang dirasakan pada bidang pendidikan adalah kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan secara efektif karena mempertimbangkan keselamatan kerja peserta didik sewaktu melakukan kegiatan praktikum. Hal ini mengakibatkan terjadi penurunan kualitas belajar termasuk pada keterampilan proses sains para peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti memiliki solusi dengan melakukan pengembangan bahan ajar yang menarik, interaktif, serta dipadukan dengan prinsip green chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kelayakan dan hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan dengan desain model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Produk E-LKPD berbasis green chemistry dilakukan uji coba kepada 10 orang peserta didik kelas XI dan XII MIPA yang telah mempelajari materi asam basa. Berdasarkan hasil validasi yang dianalisis menggunakan uji validitas Aiken’s V dengan tolak ukur Vhitung > Vtabel (0,78) memperoleh hasil ‘Valid’ yakni, nilai Vhitung sebesar 0,87 untuk aspek penyajian, nilai Vhitung sebesar 0,84 untuk aspek bahasa, nilai Vhitung sebesar 0,88 untuk aspek isi, nilai Vhitung sebesar 0,83 untuk aspek desain E-LKPD. Hasil analisis angket respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis green chemistry mendapatkan nilai sebesar 69,9% dengan kategori ‘Baik’. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis green chemistry memiliki kualifikasi yang baik untuk diterapkan sebagai bahan ajar kepada peserta didik dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa. Kata kunci: Asam basa, E-LKPD, green chemistry, kegiatan praktikum, dan keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Florita Marganda
Date Deposited: 19 Dec 2022 10:33
Last Modified: 19 Dec 2022 10:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item