Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Baleomol Untuk Meningkatkan Pengetahuan Komunikadi Pemasaran Member Dropship.

Yusuf, Yusuf and Yuliana, Nina and Sagita, Darwis (2021) Strategi Baleomol Untuk Meningkatkan Pengetahuan Komunikadi Pemasaran Member Dropship. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
YUSUF NIM 6662140443 FULL BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yusuf. NIM. 6662140443. Skripsi. Strategi Baleomol untuk Meningkatkan Pengetahuan Komunikasi Pemasaran Member Dropship. Pembimbing I: Dr. Nina Yuliana., M.Si dan Pembimbing II: Darwis Sagita, M.I.Kom Perkembangan e-commerce yang semakin pesat membuat persaingan juga semakin ketat. Hal tersebut mendorong pelaku bisnis dibidang ini untuk melakukan pemasaran yang efektif sehingga produk dapat dikenal dan dapat bertahan di pasaran. Salah satu produk di marketplace yang menciptakan brand baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah baleomol. Baleomol adalah marketplace yang mempertemukan orang yang sudah mempunyai produk (Supplier) dan orang yang tidak mempunyai produk (Dropshipper) untuk dijual kembali ke platform lain walaupun tanpa harus stok produk. Baleomol juga menyediakan ruang pelatihan jualan online untuk pelaku Dropshipper dan ruang pelatihan untuk pelaku Supplier dalam mengembangkan produk dan usahanya, strategi Baleomol untuk meningkatkan pengetahuan komunikasi pemasaran member Baleomol diharapkan dapat meningkatkan pencapaian penjualan bagi dropship. Keberhasilan komunikasi pemasaran yang dilakukan dapat dilihat dari bagaimana suatu usaha tersebut mengembangkan rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli. Strategi lain yang dilakukan baleomol adalah mengajarkan bagaimana caranya menjual produk dropship di marketplace lain. Setelah itu mengajrkan baranding store, cara edit gambar supaya menarik, dan video yang menarik, dari baleomol ke marketplace lain, mapping produk, riset competitor, bagaimana reting toko agar menjadi bagus, bagaimana cara mencatumkan judul di market place, hingga bagaimana cara iklan yang efektif. Setelah itu mereka juga mengajarkan cara bagaimana cara membalas chat dari konsumen dengan ramah, agar membangun interaksi dengan konsumen dan saat menanyakan produk, kelebihan dan kekurnag produk. Kata kunci: Strategi Baleomol, Pengetahuan Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication xiii ABSTRAC Yusuf. NIM. 6662140443. Thesis. Baleomol's Strategy to Increase Dropship Member Marketing Communication Knowledge. Advisor I: Dr. Nina Yuliana, M.Si and Advisor II: Darwis Sagita, M.I.Kom The rapid development of e-commerce makes the competition even tighter. This encourages business people in this field to carry out effective marketing so that products can be recognized and can survive in the market. One of the products in the marketplace that creates a new brand to meet consumer needs is baleomol. Baleomol is a marketplace that brings together people who already have products (suppliers) and people who don't have products (dropshippers) to resell to other platforms even without having to stock up on products. Baleomol also provides an online sales training room for Dropshipper players and a training room for Supplier players in developing their products and businesses, Baleomol's strategy to improve marketing communication knowledge of Baleomol members is expected to increase sales achievement for dropshippers. The success of marketing communications carried out can be seen from how a business develops a strategic plan that is directed at satisfying the needs and desires of buyers. Another strategy that Baleomol uses is to teach how to sell dropship products in other marketplaces. After that, they teach store branding, how to edit images to make them interesting, and interesting videos, from baleomol to other marketplaces, product mapping, competitor research, how to make a store reting good, how to include a title in the market place, to how to advertise effectively. After that, they also teach how to reply to chats from consumers in a friendly manner, in order to build interaction with consumers and when asking about products, product advantages and disadvantages. Keywords: Baleomol Strategy, Knowledge of Marketing Communication, Integrated Marketing Communication

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:24
Last Modified: 19 Jul 2024 15:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9708

Actions (login required)

View Item View Item