Roro Sri Nurhayati, Raden (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Terpadu Insan Ceria Cilegon Banten). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (2MB) |
Abstract
The purpose of this study was to describe the implementation of learning dance creations and find out if the learning dance creations can enhance kinesthetic intelligence of children. The dance creations used is Ampar-Ampar Pisang. The method used was classroom action research with two cycles. The first and second cycles each consisting of five meetings. The subjects were ten children class B PAUD Terpadu Insan Ceria Cilegon. Data collected through interviews, observation, and documentation. Data analysis was done by reducing the data, presenting and draw conclusions. Early learning dance creations of the first cycle experiencing several problems including several children devastated and crying, less vibrant, and some children choose to play alone. In the second cycle, children dance with passion and was able to dance well. Result of observation of the pre-cycle to the second cycle of the graph shows an increase which proves that learning dance creations Ampar-Ampar Pisang can improve children's intelligence Kinesthetic. Keywords: Dance Creations of Ampar-ampar Pisang, Kinesthetic Intelligence.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran tari kreasi dan mengetahui apakah pembelajaran tari kreasi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Tari kreasi yang digunakan adalah tari Ampar-ampar Pisang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Siklus pertama dan kedua masing-masing terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian ini adalah sepuluh anak kelas B PAUD Terpadu Insan Ceria Cilegon. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Awal pembelajaran tari kreasi pada siklus satu mengalami beberapa masalah diantaranya beberapa anak terpukul dan menangis, kurang bersemangat, dan beberapa anak memilih bermain sendiri. Pada siklus kedua, anak menari dengan semangat dan sudah dapat menari dengan baik. Hasil observasi dari pra siklus hingga siklus kedua menunjukan grafik peningkatan yang membuktikan bahwa pembelajaran tari kreasi Ampar-ampar Pisang dapat meningkatkan Kecerdasan Kinestetik anak. Kata Kunci: Tari Kreasi Ampar-ampar Pisang, Kecerdasan Kinestetik. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Dance Creations of Ampar-ampar Pisang, Kinesthetic Intelligence. Kata Kunci: Tari Kreasi Ampar-ampar Pisang, Kecerdasan Kinestetik | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 10:30 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 10:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9697 |
Actions (login required)
View Item |