Nurafifah, Siti (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KONSEP MENGENAL PENINGGALAN SEJARAH MASA HINDU- BUDHA DAN ISLAM MENGGUNAKAN METODE BEACH BALL PADA KELAS V (Penelitian Tindak Kelas di Kelas V SDN Cigoong 1 Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KONSEPMENGENAL PENINGGALAN SEJARAH MASA .pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (12MB) |
Abstract
Class action research writing exposed by the background of the student activity and student learning outcomes by applying the method of beach ball. The purpose of this study is (1)To enhance the students' learning activities using method learning beach ball (2) to increase students' learning outcomes the method learning beach ball. The research method used was Classroom Action Research is conducted in two cycles, each cycles includes : planning, implementation, observation, and reflection. Data collected by testing, observation, the research was conducted at SDN Cigoong I Walantaka District Serang-Bantenthe subjects were 30 grade V the results showed that : (1) usethe method learning beach ballcanimprovestudents' learning activities, this isshown bythe increasing percentage ofstudent learning activitiesrangingfromcycleI tocycleII. Percentage of the value of student activity cycle I was 73.33 % and the second was 93%. (2) usethe method learning beach ballcanimprovestudents' learning activities, this can be seenfromthe value ofstudent learning outcomes. the average percentage ofstudent learning outcomesof thecycleof69,83and 80 for the second cycle. The conclusion that can be drawn is that learning to use cooperative method learning beach ball can improve the abilityof understandingtheconcept of historical heritage of hindu-budhist and islaminfifth gradeICigoongSDN walantakadistrictsSerang-Banten Academic year 2014/2015. Keywords : Method Learning Beach Ball, Learning Activities, The Results Of Social Sciences
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penulisan penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh permasalahan dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode beach ball. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran beach ball. (2) untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran beach ball. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes, Observasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Cigoong I Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan metode pembelajaran beach ball dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Nilai persentase aktivitas siswa siklus I adalah73.33 % dan siklus II adalah 93%. (2) penggunaan metode pembelajaran beach ball dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, hal ini dilihat dari nilai hasil belajar siswa. Persentase rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 69,83dan siklus II sebesar 80. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran beach ball dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pada konsep peninggalan sejarah masa hindu-budha dan islam pada kelas V SDN Cigoong I Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Beach Ball, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Pembelajaran Beach Ball, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Keywords : Method Learning Beach Ball, Learning Activities, The Results Of Social Sciences | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 09:53 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 09:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9692 |
Actions (login required)
View Item |