Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karang Tumaritis)

Maknunah, Siti (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karang Tumaritis). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (9MB)

Abstract

The aims of this research is to improve students’ learning outcomes on social science subject (IPS) through SQ3R strategies (survey, question, read, recite, review). This research was conducted in SDN Karang Tumantitis in the second semester. Subject of the research is the fifth grade that consists of 35 students. The research used Classroom Action Research (CAR) method, research design used in this research is use a spiral model of Kemmis and Taggart, this model is designed consists of several cycles, in each cycle consist of four stages : planning, action, observation and reflection. Data collection is done by using test and non-test instruments such as observation sheet activities of teacher and students in every meeting, and the result of interview with the classroom teacher before taking action and after performing action. This research was conducted in two cycles, one cycle consisting of two meetings. The result of the research is there are increase in the students’ learning outcomes on social science subject (IPS) using SQ3R strategies (survey, question, read, recite, review). The presentation of students learning outcomes in cycle I was 74% with sufficient criteria, and the observation of the students activity in cycle I the first meeting is 68 % with good criteria and at the second meeting is 73 %. In cycle II, there are improved students learning outcomes 88 % with very good criteria and the observation on the second cycle at the first meeting is 84 % and 94 % at the second meeting with very good criteria. It can be concluded that using SQ3R learning strategies can improve students’ learning outcomes on social science subject (IPS) in the fifth grade students of SDN Karang Tumantitis. Key word : Students Learned result, SQ3R learning strategy, and Social Science

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasanah, Ana19741018200642009
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui strategi pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karang Tumaritis pada semester II, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model spiral dari Kemmis and Taggart, model ini didesain terdiri atas beberapa siklus dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tindakan pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen tes dan non tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa di setiap pertemuan, dan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas sebelum melakukan tindakan dan setelah melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, I siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R(survey, question, read, recite, review), persentasi hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74% dengan kriteria cukup, dan hasil observasi pada aktivitas siswa siklus I, pertemuan I adalah 68% dengan kriteria baik dan pada pertemuan ke dua 73% pada siklus II adanya peningkatan hasil belajar siswa 88% dengan kriteria sangat baik dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II pada pertemuan I 84% dan pada pertemuan ke II 94% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Karang Tumaritis. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Strategi pembelajaran SQ3R, dan Ilmu pengetahuan Sosial
Uncontrolled Keywords: Key word : Students Learned result, SQ3R learning strategy, and Social Science Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Strategi pembelajaran SQ3R, dan Ilmu pengetahuan Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 09:08
Last Modified: 22 Dec 2021 09:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9688

Actions (login required)

View Item View Item