Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERUMNAS I TANGERANG PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas V-A SD Negeri Perumnas I Tangerang)

Manullang, Andriana (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERUMNAS I TANGERANG PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas V-A SD Negeri Perumnas I Tangerang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERUMNAS I TANGERANG PADA MATA PELAJARAN ILMU2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (9MB)

Abstract

This research aims to improve student result clas V-A SD Negeri Perumnas I Tangerang at the subjects of social science (IPS), especially at the subject of the struggle to maintain independence. This research use the model of learning cooperative type mind mapping. Mind map is the easiest way to get information into the brain and take information out of the brain, as well as how to record a creative, effective, and will literally map out a person's mind. Type of this research is Classrom Action Research, which is research that is conducted in a Class V-A SD Negeri Peruumnas I Tangerang with 21 students. Based on the results of the study, the average percentage of the activity of teachers and students has increased from cycle I to cycle II. Average percentage of teacher activity in the first cycle which is 75% increase in the second cycle to 91.6%. As for the activities of students in the first cycle is 70% increase in the second cycle to 90%. The acquisition has reached the defined indicators of success, ie by 80%. In the first cycle, the percentage of mastery learning and increased 66.6% in the second cycle with the percentage of 95,2% mastery learning. Acquisition of learning outcomes in the second cycle has achieved success indicators are defined, is 80%. This means the use of cooperative learning model to learning mind mapping class IPS VA can improve learning activity and improving student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Learning Social Sciences, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawa, Adang195905171981031003
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A SD Negeri Perumnas I Tangerang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping. Mind map adalah cara termudah untuk mendapatkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi keluar dari otak, sekaligus cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran seseorang. Jenis penelitian, yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas V-A SD Negeri Perumnas I Tangerang dengan jumlah siswa 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% meningkat pada siklus II menjadi 91,6%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Perolehan tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu sebesar 80%. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar 66,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar 95,2%. Perolehan hasil belajar pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu 80%. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada pembelajaran IPS kelas V-A dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Mind Mapping.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Learning Social Sciences, Mind Mapping. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Mind Mapping.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Dec 2021 15:33
Last Modified: 16 Dec 2021 15:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9661

Actions (login required)

View Item View Item