Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DI KELAS IV SDN BOJONEGARA 3 (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bojonegara 3 Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang).

Silfiyah, Silfiyah (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DI KELAS IV SDN BOJONEGARA 3 (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bojonegara 3 Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKAT HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (6MB)

Abstract

Classroom action research is caused by some problems, such as students’ low value of social knowledge and students’ less study activity. This research is purposed to help teacher increases students’ study activity and result. This research uses scramble cooperative learning style on technology development study. This action research uses Kemmis and Mc Taggart research model. The subjects of this research are 26 students of fourth grade at SDN Bojonegara 3. This research would be held by 2 cycles. Each cycle would have two meetings. It uses some research instruments, such as 10 multiple choice questions, teacher and students’ activity observation, and teacher’s interview. The study result of pre cycle, students’ study completeness is only 8%. At first cycle, study completeness increases to 46%, and students’ activity percentage are 67% at first meeting and 78% at second meeting. However, the first cycle study result isn’t reach the success indicator, which is 100% or all of students reach up to 75 for students’ study result and 90% for students’ study activity. Then at second cycle, the study completeness increases to 100% and students’ activity reach 91% at first meeting and 95% at second meeting. From this data we can conclude that using the scramble cooperative learning style can increase students’ cognitive study result on technology development main study. Keywords : Classroom Action Research, Studens’, Social Knowledge, Scramble Type, Activity and Study Result

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisna, Denny195907281985111001
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Additional Information: Pelaksanaan tindakan kelas dilatarbelakangi adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dan kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk membantu guru meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pokok bahasan perkembangan teknologi. Metode penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas IV SDN Bojonegara 3. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Menggunakan instrument penelitian berupa tes dengan 10 soal pilihan ganda, observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan wawancara guru. Hasil belajar pada pra siklus, ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 8%. Pada siklus I ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 46% dan persentase aktivitas peserta didiknya 67% pada pertemuan 1 dan 78% pada pertemuan 2. Akan tetapi hasil pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 100% atau seluruh peserta didik memperoleh nilai ≥ 75 untuk hasil belajar peserta didik dan 90% untuk aktivitas peserta didik. Kemudian siklus II ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 100% dan aktivitas peserta didik mencapai 91% pada pertemuan 1 dan 95% pada pertemuan 2. Dari perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pokok bahasan perkembangaan teknologi. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Peserta Didik, Mata Pelajaran IPS, Tipe Scramble, Aktivitas dan Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Peserta Didik, Mata Pelajaran IPS, Tipe Scramble, Aktivitas dan Hasil Belajar Keywords : Classroom Action Research, Studens’, Social Knowledge, Scramble Type, Activity and Study Result
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:02
Last Modified: 13 Dec 2021 15:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item