Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Di TK PGRI Satap Mancak. Skripsi. Serang: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015.

Mas'amah, Mas'amah (2015) Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Di TK PGRI Satap Mancak. Skripsi. Serang: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)

Abstract

This research aims 1. To determine the role of teachers in developing fine motor skills of children aged 5-6 years in PGRI Satap kindergarten in Mancak through collage activity. 2. To know the process of collage activity in increasing fine motor skills of children aged 5-6 years. 3. To find out how teachers would overcome with children who have different fine motor skills. 4. To determine the media used in the collage activities in developing fine motor skills of children aged 5-6 years in PGRI SATAP kindergarten in Mancak. 5. To know how teachers would evaluate children’s fine motor skills through collage activity, which consists of 13 (thirteen) students. The research started in May 11 to June 12, 2015 for one month. The research methodology is descriptive qualitative. Based on data analysis, it is stated that the fine motor skills of children aged 5-6 years in PGRI SATAP kindergarten in Mancak is well developed. This can be observed by indicators that include in the fine motor skills that cope how to hold a pencil properly, cutting to the pattern, and sticking correctly. It can also be observed during the learning process at the moment of collage activity took place, seen children who have been able to hold a pencil properly, the child is able to cut out the appropriate pattern, and sticking correctly. Keywords : Fine motor skills, Collage activity, Kindergarten group

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorAsmawati, Luluk197306072008122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase di TK PGRI Satap Mancak. 2.Untuk mengetahui proses kegiatan kolase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. 3.Untuk mengetahui cara guru mengatasi anak yang memiliki kemampuan motorik halus yang berbeda. 4.Untuk mengetahui media yang digunakan pada kegiatan kolase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Satap Mancak. 5.Untuk mengetahui cara guru mengevaluasi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase. Yang terdiri dari 13 anak didik. Waktu penelitian mulai tanggal 11 Mei sampai 12 Juni 2015 selama 1 bulan. Metodologi penelitian yaitu deskriptif kualitataif. Berdasarkan analisis data, menyatakan bahwa kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Satap Mancak berkembang dengan baik. Hal ini dapa t diamati dari indikator- indikator kemampuan motorik halus yang mencakup memegang pensil dengan benar, menggunting sesuai pola, dan menempel dengan tepat. Juga dapat diamati pada saat proses pembelajaran pada kegiatan kolase saat berlangsung, terlihat anak-anak yang sudah mampu memegang pensil dengan benar, anak mampu menggunting sesuai pola, dan menempel dengan tepat. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Kolase, TK Kelompok B
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Kolase, TK Kelompok B Keywords : Fine motor skills, Collage activity, Kindergarten group
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Dec 2021 10:21
Last Modified: 13 Dec 2021 10:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9577

Actions (login required)

View Item View Item