DAROJAH, SITI (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI KONSTITUSI PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI KONSTITUSI PESERTA DIDIK.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya pengembangan budaya literasi konstitusi peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya peran aktif dari guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraaan dalam upaya mengembangkan kegiatan literasi konstitusi diantaranya guru yaitu dalam hal menyalurkan pengetahuan konstitusi dan pengetahuan umum, menanamkan nilai dan moral, mengkreasikan kegiatan literasi konstitusi, serta berkomunikasi dan bekerjasama dengan lingkungan sekolah dalam upaya pengembangan kegiatan literasi konstitusi. Penyebab terhambatnya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan dalam upaya pengembangan budaya literasi konstitusi anatara kesibukan dan rasa malas peserta didik, kurangnya kerjasama antar guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan lainnya dalam membimbing peserta didik dalam kegiatan literasi konstitusi setiap minggunya, dan kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terutama dalam penyedian sarana prasarana di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The aim of this study to describe the role of the Pancasila and Civics teachers in an effort to develop a constitutional literacy students culture of SMA Negeri 1 Kota Serang. This is a qualitative descriptive study. The subject of this study is Headmaster Vice of Student affairs, Teachers, and Student of SMA Negeri 1 Kota Serang . Data collection technique using interviews, observation, documentation, and literature review. Data analysis using data reduction, presentation of data, conclusion. The validity of the data is using technical triangulation, source triangulation and member check. The results of this study found that there was an active role from the Pancasila and Civics Teachers in an effort to develop constitutional literacy activities among of providing constitutional knowledge and general knowledge, instill values and morals, creating constitutional literacy activities, and communicate and cooperate with the school environment in the effort to develop constitutional literacy activities. The causes of Pancasila and civics teachers delays in efforts to develop a constitutional literacy culture are the busyness and laziness of students, lack of cooperation between other pancasila and civics teachers in guiding participants in constitutional literacy activities every week, and the lack of cooperation between the school and the pancasila and civics teacher, especially in the provision of school infrastructure. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 16:11 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 16:11 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
View Item |