RIMA PRATIWI, ARUM (2019) PERAN GURU DALAM MENUNJANG KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN ( Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Kasih Ananda Serang-Banten ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MENUNJANG KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Kasih Ananda Serang-Banten).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan naturalis sebagai suatu kecerdasan yang penting bagi anak dalam mengenali dan menyayangi segala hal yang ada di lingkungan sekitarnya seperti tumbuhan, cuaca dan hewan, maka stimulasi kecerdasan naturalis ini harus diberikan sejak anak masih kecil, peran seorang guru untuk membentuknya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki anak. Kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ananda Serang-Banten cukup baik, hal ini disebabkan oleh peranan guru dalam mengoptimalkan kegiatan pembelajaran kecerdasan naturalis sangat menarik, kemudian metode yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan indor dan outdor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian deskriptif kualitatif kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun peran guru sudah melengkapi aspek indikator yang baik dalam memberikan kegiatan kepada anak serta sudah sangat baik dalam pencapaian mengembangkan pengetahuan alamiah anak, dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan alam dengan membedakan sampah organik dan non organik, berkebun, membedakan daun kering dan ranting, dan menanam. anak dapat mengembangkan pengetahuan alamiah dengan menyukai lingkungan alam menjadi mencitai alam dengan menghargai setiap yang ada pada lingkungan alam.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Naturalist intelligence as an intelligence that is important for children in recognizing and loving everything that exists in their surroundings such as plants, weather and animals, then stimulation of naturalist intelligence must be given since the child is still small, the role of a teacher to shape it in the process of self- development and optimization talents and abilities possessed by children. Naturalist intelligence in children aged 5-6 years in Ananda Serang-Banten Kasih Kindergarten is quite good, this is due to the role of teachers in optimizing learning activities of naturalist intelligence is very interesting, then the methods used by the teacher in the process of learning activities start from indor and outdor activities . The method used in this study is a qualitative descriptive research method. Based on the results of a qualitative descriptive study of naturalist intelligence in children aged 5-6 years the role of teachers has complemented the good aspects of indicators in providing activities to children and has been very good at achieving developing children's natural knowledge, by participating in natural activities by distinguishing non-organic and organic, gardening, differentiating dried leaves and twigs, and planting. children can develop natural knowledge by liking the natural environment to love nature by appreciating everything that exists in the natural environment. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 16:00 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 16:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9312 |
Actions (login required)
View Item |