Dwi Agustin, Rafika (2019) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SDN BHAYANGKARI Penelitian Kualitatif Mengenai Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Disiplin Pada Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SDN BHAYANGKARI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kedisiplinan di Indonesia tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban. Sikap disiplin tidak hanya dimiliki oleh siswa saja tetapi seluruh profesi dan setiap warga Negara Indonesia harus bersikap disiplin untuk menunjukkan nilai-nilai taat, patuh, teratur, dan tertib akan suatu norma atau aturan yang berlaku di Indonesia. Guru pun berperan penting dalam solusi permasalahan kurang disiplinnya siswa. Karena siswa banyak menghabiskan waktunya di sekolah bersama guru terutama guru kelasnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan sikap disiplin pada siswa kelas IV melalui kegiatan pembiasaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat mengungkapkan bahwa guru SDN Bhayangkari dapat melakukan proses penanaman sikap disiplin kepada siswa kelas IV, mengetahui faktor penghambat dan faktor penunjang dalam menanamkan sikap disiplin, dan guru dapat memberikan dampak yang baik kepada para siswa dalam penanaman sikap disiplin.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Discipline in Indonesia is created and formed through a process and a series of attitudes that show the values of obedience, obedience, order and order. Discipline is not only possessed by students but the entire profession and every citizen of Indonesia must be disciplined to show values that are obedient, obedient, orderly, and orderly with the norms or rules that apply in Indonesia. The teacher also plays an important role in the solution to the problem of lack of student discipline. Because students spend a lot of time in school with teachers, especially class teachers. This study aims to find out how the role of the teacher in instilling discipline in fourth grade students through habituation activities. The method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used are interview, observation and documentation techniques. Then analyzed using the Miles and Huberman models. The results of this study can reveal that the teachers of SDN Bhayangkari can carry out the process of fostering a disciplined attitude towards fourth grade students, knowing the inhibiting factors and supporting factors in instilling discipline, and teachers can have a good impact on students in growing discipline. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 15:51 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2021 15:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9308 |
Actions (login required)
View Item |