Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 4 DI SDN SERANG 3 Penelitian Research and Development ( R&D ) Pada Siswa Kelas 4 SDN Serang 3

Deswita Maharani, Rina (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 4 DI SDN SERANG 3 Penelitian Research and Development ( R&D ) Pada Siswa Kelas 4 SDN Serang 3. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 4 DI SDN SERANG 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 di SDN Serang 3 dan untuk mengukur keefektifan produk pengembangan video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 di SDN Serang 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk (ujicoba terbatas). Video pembelajaran ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan ujicoba produk (ujicoba terbatas) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV C SDN Serang 3 dengan jumlah 40 peserta didik. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,23% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli media menunjukkan video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli pendidikan menunjukkan video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 98,33% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba produk (ujicoba terbatas) memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,12% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV SD sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi keragaman agama di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Hosnan, M. HosnanUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to develop powtoon based learning video animation media on 4th grade Social studies subjects in Serang 3 Elementary School and to measure the product effectiveness of powtoon-based animation video development in 4th grade Social Sciences subjects at Serang Elementary School 3. Research methods that used is a modified research and development method from Sugiyono namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, and product testing (limited trials). This learning video is carried out expert validation tests conducted by material experts, media experts, and education experts. After the validation test was carried out by the expert team, then the product trials (limited trials) were carried out with the research subjects, namely the fourth grade students of Serang 3 Elementary School with a total of 40 students. The results of the material expert test showed that this learning video obtained an average score of 95.23% with a very decent category. The results of the media expert test show that this learning video obtained an average score of 80% with a very decent category. The results of the education expert test show that this learning video obtained an average score of 98.33% with a very decent category. The results of product trials (limited trials) obtain an average value of 90.12% with a very good category. Based on the results of the study, it can be concluded that the powtoon-based learning videos developed in fourth grade students are very feasible to be used in the learning of Social Sciences (IPS) in material on religious diversity in Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:08
Last Modified: 26 Nov 2021 15:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item