Alfian A, Rhiza (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 CILEGON (Penelitian Research and Development). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 CILEGON.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran IPS dengan materi kedatangan bangsa barat di Indonesia di kelas V dan untuk menghasilkan media pembelajaran powtoon yang memenuhi kriteria layak diimplementasikan pada mata pelajaran IPS materi kedatangan bangsa barat di Indonesia di kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk (ujicoba terbatas). Media pembelajaran ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, dan ahli media. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan ujicoba produk (ujicoba terbatas) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V A SDN 1 Cilegon. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli media menunjukkan media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk (ujicoba terbatas) memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,22% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powtoon yang dikembangkan pada peserta didik kelas V SD sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi kedatangan bangsa barat di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims purposed to develop powtoon learning media on social studies subjects with material on the arrival of westerners in Indonesia in class V and to produce powtoon learning media that meet the eligible criteria implemented in social studies subjects in the arrival of western nations in Indonesia in class V. The research method used is a modified research and development method from Sugiyono, the name are potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, and product testing (limited trials). This learning media is carried out expert validation tests conducted by material experts, and media experts. After the validation test was carried out by the expert team, then a product trial (limited trial) was carried out with the subject of the research, namely the fifth grade students of SDN 1 Cilegon. The results of the material expert test showed that the learning media obtained an average score of 92% with a very decent category. The test results of media experts show that the learning media obtained an average score of 89.95% with a very decent category. The results of product trials (limited trials) obtained an average value of 90.22%with a very feasible category. Based on the results of the study it can be concluded that the Powtoon learning media developed in elementary school students in V grade is very feasible to be used in social studies learning on the material arrival of western nations in Indonesia. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 14:22 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 14:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9174 |
Actions (login required)
View Item |