Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI BHAYANGKARI KOTA SERANG (Penelitian Research and Development)

Alverina, Clara (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI BHAYANGKARI KOTA SERANG (Penelitian Research and Development). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI BHAYANGKARI KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD pada materi keragaman ekonomi di Indonesia dan mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini dengan research and development (R&D) dengan tiga tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran ini akan divalidasi oleh tim ahli. Setelah dilakukan validasi oleh tim ahli dan diperbaiki, maka dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui respon siswa. Uji coba terbatas dilakukan di SD Negeri Bhayangkari, Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 pada 31 siswa kelas IV. Hasil uji ahli desain menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 88.5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis powtoon yang dikembangkan untuk siswa SD kelas IV sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman ekonomi di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: This study aimed to develop audio-visual learning media based on powtoon in the social science subject at the fourth-grade of the elementary school in economic diversity material in Indonesia and to know the appropriateness and student‟s respond to the learning media. The researcher used research and development (R&D) as the research method which there were three stages within it. They were defining stage, designing stage, developing stage. The learning media was validated by experts. After that, it was tested to students by the researcher, to know the students‟ responses. The test was conducted to 31 fourth grade students at SD Negeri Bhayangkari, Serang city 2018/2019 period. The result of a design expert‟s test showed 96% for the average score with a very feasible category. The result of a material expert‟s test showed 88% for the average score with a very feasible category. The result of a language expert‟s test showed 80% for the average score with a very feasible category. The result of the questionnaire showed 88.5% for the average score with a very feasible category. Based on research findings, the developed audio-visual learning media based on powtoon for fourth-grade students in elementary school was very feasible. It can be used in the teaching-learning process at economic diversity material in Indonesia of Social Science subject. Developing Audio-Visual Learning Media based on powtoon in the social science subject at the fourth-grade of SD Negeri Bhayangkari Serang city. Undergraduate Thesis, Department of Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Faculty of Teacher Training and Education, University of Sultan Ageng Tirtayasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:20
Last Modified: 26 Nov 2021 14:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9173

Actions (login required)

View Item View Item