MENYE PUSPITASARI, BERU (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA MEMBACA CANTOL ROUDHOH USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Di Kelompok B TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA MEMBACA CANTOL ROUDHOH USIA 5-6 TAHUN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang, 2) proses pembelajaran menggunakan kartu gambar cantol roudhoh untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang, 3) proses evaluasi kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalu media katu gambar cantol raudhoh di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Dengan lokasi penelitian di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten. Subjek Penelitian ini adalah anak usia5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi, pengecekan keanggotaan. Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa perkembangan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten berkembang dengan baik. Hal ini dapat diamati pada proses pembelajaran di sekolah, perkembangan kemampuan membaca anak diantaranya: ada anak yang mampu membaca namanya sendiridengan lengkap dan benar, anak-anak mampu membedakan huruf vocal dan konsonan, anak-anak mampu menghubungkan gambar dengan tulisan, dan anak-anak mampu mengelompokan gambar yang mempunyai bunyi huruf awalan yang sama.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this study was to determine 1) the reading ability of children aged 5-6 years at TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang. 2) the learning process uses cantol roudhoh picture card media to develop reading skills of children aged 5-6 years at TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang. 3) the process of evaluating the ability to read children aged 5-6 years through the media card cantol roudhoh at TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang. This research was conducted in May 2016. With the research location in TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten. The subjects of this study were children aged 5-6 years, totaling 15 children. The method used in this study is a qualitative research method. Data collection techniques through observation, field notes, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusions. Data validation is done by extending the observation, increasing research persistence, triangulation, checking members. Based on data analysis, it states that the development of reading skills of children aged 5-6 years at TKIT Gugus Bintang 165 Tangerang Banten develops well. This can be observed from 8 indicators that researchers use as a reference. Can also be observed in the learning process at school, the development of children's reading skills including: there are children who are able to read their own names completely and correctly, children are able to distinguish vowels and consonants, children are able to connect images with writing, and children able to group images that have the same prefix sound. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 12:32 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 12:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9075 |
Actions (login required)
View Item |