HARYANI, HARYANI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN SEPANG KOTA SERANG PADA PEMBELAJARAN TEMA AIR, BUMI, DAN MATAHARI. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
The purpose of this study was to see whether the method applied learning in the learning process and student achievement motivation affect learning outcomes. Interactive learning methods to motivate students to be active in the learning process. Objective media interactive learning bring two-way communication between teachers and students. Achievement motivation is a boost in students to improve achievement. Students who have a strong achievement motivation tends to be making every effort to be able to master the fields studied, so the role of achievement motivation becomes important for elementary school students in preparing for the learning process. Research carried out by quasi-experimental methods in Class 2 SD Negeri Sepang Kota Serang. The results showed that media interactive learning and achievement motivation factor that could encourage students to improve belajar.Ini results can be seen from the average value of the pretest fourth grade group showed almost the same results in the range of 61.00 to 61.60. Average high value shown in the experimental class two. At the time of posttest highest value shown in the experimental class unity that has an average value of 91.40. It is thus interactive learning media proved to affect student learning outcomes. Achievement motivation also show the effec on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa mempengaruhi hasil belajar. Metode pembelajaran interaktif memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan media pembelajaran interaktif memunculkan komunikasi dua arah antar guru dan siswa. Motivasi berprestasi merupakan dorongan dalam diri siswa untuk meningkatkan prestasi. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang kuat cenderung akan melakukan berbagai upaya untuk dapat menguasai bidang yang dipelajarinya, sehingga peran motivasi berprestasi menjadi penting bagi siswa SD dalam mempersiapkan proses belajar. Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen pada siswa kelas 2 SD Negeri Sepang Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dan motivasi berprestasi menjadi faktor yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar.Ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dari keempat kelompok kelas menunjukkan hasil hamper sama yaitu pada kisaran 61,00 sampai 61,60. Rata-rata nilai tinggi ditunjukan pada kelas eksperimen dua. Pada saat posttest nilai tertinggi ditunjukan pada kelas eksperimen kesatu yaitu memiliki nilai rata-rata 91,40. Maka dengan demikian Media pembelajaran interaktif terbukti mempengaruhi hasil belajar siswa. Motivasi berprestasi juga menunjukkanpengaruh terhadap hasil belajar siswa. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 09:36 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 09:36 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9032 |
Actions (login required)
View Item |