Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos (2021) Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS. Wilangan, 2 (3). pp. 179-196. ISSN 2798-1541 (In Press)
Text
Wilangan Vol 2, No 4 (2021)_artikel.pdf Download (959kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika adalah suatu proses konstruksi pengetahuan yang mengaitkan antara konsep matematika satu dengan konsep matematika lainnya. Cara terbaik bagi siswa untuk mulai mempelajari konsep adalah dengan cara mengkonstruksi konsepnya sendiri dan hal-hal yang dipelajarinya. Konstruksi konsep matematika dapat dikaji melalui pemahaman konsep matematis dalam membangun pola pikir siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konstruksi konsep trigonometri bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle dengan subjek penelitian siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikande. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis dan wawancara semi terstrukur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami mekanisme mental yang berbeda – beda dalam mengkonstruksi konsep trigonometri. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tahapan interiorization (action menuju process), merupakan tahapan penting dalam mengkonstruksi konsep trigonometri karena mempengaruhi kesempurnaan konstruksi pada tahap selanjutnya, baik pada process, object, maupun schema.
Item Type: | Article | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dr. Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2021 14:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2021 14:05 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8972 |
Actions (login required)
View Item |