Kodariah, Nadia Nurul and Sjafari, Agus and Ismanto, Gandung (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BEKASI. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Nadia Nurul Kodariah - PRODI AP 2017)
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BEKASI - Copy.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Nadia Nurul Kodariah. 6661132716. Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Kota Bekasi. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Dr. Agus Sjafari, M.Si., dan Pembimbing II: Gandung Ismanto, M.M. Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai resiko untuk kecacatan. Akan tetapi, pemerintah sendiri belum memberikan perhatian sepenuhnya kepada mereka. Hal ini dapat dilihat dari hak-hak penyandang disabilitas yang seharusnya terpenuhi tetapi terabaikan oleh pemerintah. Saat ini keberadaan penyandang disabilitas masih dianggap sebelah mata, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Pada wilayah Kota Bekasi sendiri penyandang disabilitas pun seringkali dilewatkan dalam pembangunan kota terutama pada aspek pendidikan, dalam hal ini pendidikan inklusif. Fakta yang peneliti temukan di Kota Bekasi yaitu standarisasi sarana dan prasarana dalam pengelolaan dan pembukaan pendidikan inklusif di sekolah reguler, keterbatasan aksesibilitas bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam mendapatkan pendidikan, rendahnya pemahaman dari tenaga pendidik di sekolah reguler mengenai anak berkebutuhan khusus (ABK) dan sistem pendidikan inklusif, tidak adanya keberadaan guru pendamping khusus (GPK) dengan lulusan Pendidikan Luar Biasa yang terdapat di sekolah inklusif, serta kurang tertibnya administrasi pendataan dari dinas terkait mengenai pendidikan inklusif. Penelitian ini mengkaji tentang “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Kota Bekasi”. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Kota Bekasi, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Kota Bekasi. Teori yang digunakan yaitu konsep implementasi Mazmanian dan Sabatier dalam Subarsono (2011:94). Teknik analisis data yang digunakan model Irawan Prasetya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Kota Bekasi belum dilaksanakan secara optimal karena masih terdapat banyaknya hambatan dan kendala, baik pada sekolah inklusif maupun pemerintah Kota Bekasi. Oleh karena itu diperlukan usaha yang maksimal dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antar berbagai institusi dan lembaga pelaksana kebijakan. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif di Kota Bekasi
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Nadia Nurul Kodariah. 6661132716. Implementation of Inclusive Education Policy in Bekasi City. State Administration Science Study Program. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Advisor I: Dr. Agus Sjafari, M.Si., and Advisor II: Gandung Ismanto, M.M. Indonesia is a country with various risks for disability. However, the government itself has not paid full attention to them. This can be seen from the rights of persons with disabilities that should be fulfilled but neglected by the government. Currently the existence of persons with disabilities is still considered one eye, both by the government and society. In the area of Kota Bekasi itself, people with disabilities are often overlooked in urban development especially on education aspect, in this case inclusive education. Facts that researchers find in Bekasi City is the standardization of facilities and infrastructure in the management and opening of inclusive education in regular schools, accessibility limitations for children with special needs (ABK) in getting education, low understanding of educators in regular schools about children with special needs (ABK) And inclusive education systems, the absence of special escort teachers (GPK) with graduates of Special Education in inclusive schools, and the lack of proper administration of data collection from related agencies on inclusive education. This study examines the "Implementation of Inclusive Education Policy in Bekasi City". This research was conducted to describe and analyze the implementation of inclusive education policy in Kota Bekasi, and what factors influence the implementation of inclusive education policy in Bekasi City. The theory used is the concept of Mazmanian and Sabatier implementation in Subarsono (2011: 94). Data analysis technique used Irawan Prasetya model. The results of this study indicate that Implementation of Inclusive Education Policy in Bekasi City has not been implemented optimally because there are still many obstacles and obstacles, both in inclusive school and Bekasi city government. Therefore, maximal effort is needed in providing inclusive education with good cooperation and coordination among various institutions and implementing agency of policy. Keywords: Policy Implementation, Inclusive Education in Bekasi City |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 03:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 03:22 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |