WULANDARI, DEBBY (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TKIT Villa Madani Kota Cilegon-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TKIT Villa Madani Kota Cilegon-Banten).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran Problem Solving pada anak harus diterapkan sejak usia dini, penerapan pembelajaran problem solving di sekolah efektif membantu anak dalam berpikir kreatif dan terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran problem solving anak usia 5-6 tahun di TKIT Villa Madani Kota Cilegon Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilakukan pada anak usai 5-6 tahun di kelompok B dengan jumlah sebanyak 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran problem solving anak usia 5-6 tahun di TKIT Villa Madani sudah menerapkan pembelajaran problem solving dengan baik, seperti anak mampu menceritakan kembali pengalaman yang telah dilakukan, anak mampu berdiskusi ke sesama teman cara yang akan dilakukan, anak mampu melakukan kegiatan tepat waktu, anak mampu menggunakan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh indra, anak mampu menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah, dan anak mampu menampilkan hasil karya dengan antusias. Untuk peran guru sebagai pendidik di sekolah berperan memberikan kepercayaan kepada anak dalam memutuskan dan menyelesaikan suatu masalah secara mandiri dan membimbing anak dalam penerapan pembelajaran problem solving sejak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Learning Problem Solving in children must be applied from an early age, the application of problem solving learning in schools is effective in helping children think creatively and skillfully. This study aims to determine the application of problem solving learning for children aged 5-6 years at TKIT Villa Madani, Cilegon, Banten. The method used in this study is descriptive qualitative conducted on children after 5-6 years in group B with a total of 18 children consisting of 7 boys and 11 girls. The procedure for collecting data is done by observation, interviews, field notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the results of the study, it was found that the application of problem solving learning for children aged 5-6 years at TKIT Villa Madani had appliedproblem solving learning well, such as children able to retell experiences that had been done, children were able to discuss with fellow friends the way they would, carry out activities on time, children are able to use materials actively with all senses, children are able to complete activities in various ways to overcome problems, and children are able to display their work enthusiastically. For the role of the teacher as an educator in school the role is to give confidence to the child in deciding and resolving a problem independently and guiding the child in the application of problem solving learning from an early age. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:50 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8828 |
Actions (login required)
View Item |