Hoirunnisa, Dina (2018) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH (Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 15 Pandeglang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
The character at this time be a thing that very concern particularly among students.Based on the foregoing researchers interested in conducting research on the role of pembelajran civics and Citizenship in pembntukan the character of the discipline of the students at the school.The purpose of this research was: 1). To find out the planning study civics and Citizenship in the formation of the character of the discipline of students, 2).To describe the implementation of learning civics and Citizenship in the formation of student discipline, 3 characters).To describe the barriers and the establishment of a disciplinary character of students in SMA Negeri 15 Pandeglang.The methods used in this research is descriptive qualitative approach method.While the instrument used, namely a, observation, interview and documentation.To the subject of this research is the PPKn teacher, sman 15 Pandeglang, principal of SMA Negeri 15 Pandeglang and curriculum wakasek SMA Negeri 15 Pandeglang.The results of this research can be seen from three aspects of being an indicator of the character of the discipline, namely discipline rules, discipline and discipline time clothes. The regulatory aspect of the discipline of learning outcomes students civics and citizenship based on the character aspects of regulatory discipline students discipline can already afford the discipline regulations at the school.Next to the time aspect of the discipline, which is visible during the study, among others, the teacher had already disciplined in the time always comes on time while students are still only found students who did not come on time to school.And the last aspect of the discipline of clothing, which can be seen from the results of research that students can already disciplined outfit sesuati with the rules of the school.the third aspect of this whole thing will affect the development and formation of character students in schools with the enactment of the rules of discipline or conditioning-positive conditioning to students will be able to develop good behavior private in each student.Character education evaluation conducted by teachers is to assess the behavior of students who conducted the end of each semester.Factors supporting the implementation of character education in learning PPKn is a school that has a strong commitment to implement character education and students have good behavior.While the factor penghambatnya is still a difficulty in terms of mastery of the class.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Karakter pada saat ini menjadi suatu hal yang sangat memprihatinkan terutama dikalangan pelajar. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang peran pembelajran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembntukan karakter disiplin siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter disiplin siswa, 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter disiplin siswa, 3). Untuk mendeskripsikan hambatan dan usaha pembentukan karakter disiplin Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk subjek penelitian ini adalah guru PPKn, siswa, Kepala Sekolah dan wakasek kurikulum SMA Negeri 15 Pandeglang. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari 3 aspek yang menjadi indikator dari karakter disiplin, yaitu disiplin peraturan, disiplin waktu dan disiplin pakaian. Aspek disiplin peraturan siswa dari hasil pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang berdasar pada karakter disiplin aspek disiplin peraturan siswa sudah dapat mampu disiplin peraturan di sekolah. Selanjutnya untuk aspek disiplin waktu, yang terlihat selama penelitian antara lain guru sudah disiplin dalam waktu selalu datang tepat waktu sedangkan untuk siswa masih saja ditemukan siswa yang datang tidak tepat waktu ke sekolah. Dan yang terakhir aspek disiplin pakaian , yang mana yang terlihat dari hasil penelitian bahwa siswa sudah dapat berdisiplin pakaian sesuati dengan aturan sekolah. dari ketiga aspek ini semuanya akan berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pembentukan karakter siswa disekolah dengan diberlakukannya aturan disiplin ataupun pembiasaan-pembiasaan yang positif kepada siswa akan dapat mampu mengembangkan prilaku baik didalam pribadi masing-masing siswa tersebut. Evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru ialah dengan menilai perilaku siswa yang dilakukan setiap akhir semester. Faktor pendukung terlaksananya pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn ialah sekolah yang mempunyai komitmen kuat untuk melaksanakan pendidikan karakter serta siswa memiliki perilaku yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah guru masih kesulitan dalam hal penguasaan kelas. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:03 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8789 |
Actions (login required)
View Item |