Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pendidikan Moral Konteks Pola Tindakan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Widya Cendekia

Fawwaz, Naufal (2019) Pendidikan Moral Konteks Pola Tindakan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Widya Cendekia. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pendidikan Moral Konteks Pola Tindakan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Widya Cendekia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan saat ini berhadapan dengan perubahan sosial, dari yang berbentuk material atau pun non-material. Terutama di sini akan melihat non- material yaitu moral. Pendidikan memiliki guru yang memiliki standar moral dan juga lama yang berbeda dengan moral siswa yang fleksibel dan baru. Metode penelitian ini adalah kualitatif, pada penelitian ini akan di deskripsikan tentang suatu kondisi tentang pendidikan moral di suatu sekolah di sekolah yang berbasis islam. Dengan melihat objek penelitian yakni guru dan murid yang minimal sudah menempuh dari satu tahun proses pendidikan di sekolah tersebut,diaman konteks yang ada terdapat perbedaan diantara keduanya. Durkheim (1961:86), “kita dapat menyelidiki-menyelidiki kaidah-kaidah moral yang diterima anak dari luar melalui pendidikan, yang bisa memaksa diri mereka pada si anak berkat otoritas yang mereka miliki.”. dari perspektif ini kita akan melihat bagaimana latar belakang keadaan murid dan bagaimana pengaruh proses pendidikan yang di berikan di sekolah kepada para murid. SMP Islam Terpadu Widya Cendekia memberikan perhatian yang khusus untuk perkembangan akhlak yang diartikan sebagai moral yang ingin di capai, bisa dilihat dari berbagai program sekolah mau pun di pelaksanaan pembelajaran oleh para guru di sekolah tersebut. dan dari pembelajaran di sekolah tersebut memberikan dampak yang sesuai dengan tujuan sekolah terkait akhlak peserta didik, baik di dalam sekolah sampai di luar rumah. Pendidikan moral bisa di katakan berhasil bila hal tersebut bisa membuat anak menjadi disiplin bukan hanya pada tidakannya tapi kepada kesadarannya, karena adanya internaliasasi oleh anak itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisnaadisendjaja, DenniUNSPECIFIED
Thesis advisorAbdul Kudus, WahidUNSPECIFIED
Additional Information: Education is currently dealing with social change, from material or non- material forms. Especially here will see non-material namely moral. Education has teachers who have moral and old standards that are different from student morals that are flexible and new. This research method is qualitative, in this study will be described about a condition about moral education in a school in an Islamic-based school. By looking at the object of research, the teacher and students who have taken at least one year of the education process at the school, in the context of the existing context there are differences between the two. Durkheim (1961: 86), "we can investigate the moral principles that children from outside receive through education, who can force themselves on the child thanks to the authority they have." from this perspective we will look at how the background of the student's condition and how the education process influences the school to the students. Widya Cendekia Integrated Islamic Middle School gives special attention to moral development which is interpreted as the moral to be achieved, can be seen from various school programs as well as in the implementation of learning by teachers at the school. and from learning in the school it has an impact that is in accordance with the school's goals regarding the morals of the students, both in the school and outside the home. Moral education can be said to be successful if it can make a child a discipline not only on his actions but on his awareness, because of the internationalization by the child himself.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:37
Last Modified: 22 Nov 2021 10:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item