Astuti, Nunu (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Deskriptif di PAUD SMART Kecamatan Serang, Kota Serang-Banten ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan kelompok usia yang berada dalam proses perkembangan unik, karena proses tumbuh kembangnya terjadi bersama dengan golden age (masa kemasan), yang merupakan waktu paling tepat untuk memberikan bekal yang kuat kepada anak dalam mengembangkan segala aspek perkembangannya seperti kemampuan kognitif, bahasa, motorik, agama, moral, sosial-emosional, dan seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek yang di teliti secara tepat. Tempat penelitian adalah : PAUD SMART Serang-Banten.Waktu penelitian di semester satu tahun pelajaran 2018-2019. Subjek penelitian adalah anak yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 1 anak lakilaki di kelas B usia 5-6 tahun dan guru yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara, catatan lapangan, dan perekaman data yang berupa foto. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian dan hasilnya yaitu: peran guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui media kartu gambar di paud yang sudah berhasil dengan baik sesuai dengan perannya yaitu guru sebagai pembimbing, pelatih, motivator, dan demonstrator.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Anak usia dini merupakan kelompok usia yang berada dalam proses perkembangan unik, karena proses tumbuh kembangnya terjadi bersama dengan golden age (masa kemasan), yang merupakan waktu paling tepat untuk memberikan bekal yang kuat kepada anak dalam mengembangkan segala aspek perkembangannya seperti kemampuan kognitif, bahasa, motorik, agama, moral, sosial-emosional, dan seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek yang di teliti secara tepat. Tempat penelitian adalah : PAUD SMART Serang-Banten.Waktu penelitian di semester satu tahun pelajaran 2018-2019. Subjek penelitian adalah anak yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 1 anak lakilaki di kelas B usia 5-6 tahun dan guru yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara, catatan lapangan, dan perekaman data yang berupa foto. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian dan hasilnya yaitu: peran guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui media kartu gambar di paud yang sudah berhasil dengan baik sesuai dengan perannya yaitu guru sebagai pembimbing, pelatih, motivator, dan demonstrator. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 09:52 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 09:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8758 |
Actions (login required)
View Item |