Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI RANGKA DAN PANCA INDERA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (Penelitian Research and Development Kelas IV Ciruas 1 Kabupaten Serang)

Meka Safillah Arif, Astrid (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI RANGKA DAN PANCA INDERA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV (Penelitian Research and Development Kelas IV Ciruas 1 Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI RANGKA DAN PANCA INDERA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

This study aims to develop an interesting media by combining the learning media with games. To develop the media, media development was carried out. This research uses Reseacrh & Development (R & D) method. The resulting media are snake ladder game media based on Think Pair Share models that are used in how to use them. For this research, it was conducted at Ciruas 1 Elementary School with research subjects of fourth grade students totaling 33 students. Researchers used the type of research used in reference to the Borg and Gall development model that was modified by Sugioyono. Development procedures used 6 of 10 stages. To test the feasibility of this media, an expert validation test was conducted. Expert validation tests are carried out by media design experts, subject matter experts, and education experts. Based on data analysis, the snakes and ladder game media developed are included in the criteria "very feasible" with an average value of 87.94% expert validation obtained from 3 experts. The average value of the percentage of student responses is 91.10% and is included in the criteria of "very good". So it can be concluded that the snake ladder commercial media is feasible and can be used.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media yang menarik dengan cara menggabungkan media pelajaran dengan permaianan. Untuk mengembangkan media tersebut, maka dilakukan pengembangan media. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh & Development (R&D). Media yang dihasilkan yaitu media permainan ular tangga yang berbasis model Think Pair Share yang digunakan dalam cara penggunaanya. Untuk Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Ciruas dengan subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 33 siswa. Peneliti menggunakan jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugioyono. Prosedur pengembangan yang digunakan 6 dari 10 tahapan. Untuk menguji kelayakan media ini, dilakukan uji validasi ahli. Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli desain media, ahli bidang studi, dan ahli pendidikan. Berdasarkan analisis data, media permainan ular tangga yang dikembangkan termasuk dalam kritria “sangat layak” dengan nilai rata-rata persentase validasi ahli 87,94 % yang diperoleh dari 3 ahli. Nilai rata-rata persentase respon siswa sebesar 91,10% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permianan ular tangga ini layak dan dapat digunakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:07
Last Modified: 19 Nov 2021 14:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8124

Actions (login required)

View Item View Item