Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI BERMAIN PUZZLE GEOMETRI

SUTARSIH, EVI (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI BERMAIN PUZZLE GEOMETRI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI BERMAIN PUZZLE GEOMETRI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Visual-spatial intelligence is the intelligence that related with colors, images, and shapes. geometry puzzle activities is a way for developing visual-spatial intelligence of children, because these activities are very enjoyable because, learning activities will be active. The aim’s of this research are (1) To know the process of improvement of visual-spatial intelligence of children ages 4-5 years old in PAUD Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas) Manggis Wanakarta; (2) To know the geometry puzzle games can improve visualspatial intelligence of children ages 4-5 years old in PAUD Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas) Manggis Wanakarta. This research is using action research that includes two cycles, the first cycle consists of eight actions and the second cycle consists of two actions. Each cycles consists of 4 phases 1) Planning, 2) action, 3) observation, and 4) reflection. Date were taken through observation in the classroom, with the object of 15 children consisting of 11 girls and 4 boys. Based on data obtained in pre-action activities geometry puzzles, visual-spatial intelligence of children ages 4-5 years by 28%. Based on research date analysis and discussion, the result that through playing geometry puzzle, visual-spatial intelligence of children ages 4-5 years old in the first cycle is 51%, while the second cycle be equal to 81%. Ability indicated the child was changed after the given action. Children are more be happy and enthusiastic in participating in learning activities as well as active in every activity. Therefore it can be concluded that the research has succeeded.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, CucuUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Kecerdasan visual-spasial adalah kecerdasan yang berkaitan dengan warna, gambar, dan bentuk. Kegiatan bermain puzzle geometri adalah cara untuk megembangkan kecerdasan visual-spasial anak, karena kegiatan ini sangat menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses peningkatan kecerdasan visual-spasial anak usia 4 - 5 tahun di PAUD Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas) Manggis Wanakarta; (2) Untuk mengetahui permainan puzzle geometri dapat meningkatkan kecerdasan visualspasial anak usia 4 - 5 tahun di PAUD Bina Kaluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas) Manggis Wanakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Reserch) yang meliputi dua siklus, siklus I terdiri dari 8 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perecanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas, dengan objek sebanyak 15 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Berdasarkan data yang didapat pada pra tindakan kegiatan bermain puzzle geometri kecerdasan visual-spasial anak usia 4 – 5 tahun sebesar 28%. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan bermain puzzle geometri kecerdasan visual-spasial anak usia 4 – 5 tahun pada siklus I adalah sebesar 51%, Sedangkan pada siklus II menjadi sebesar 81%. Kemampuan yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta aktif dalam setiap kegiatan. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Nov 2021 11:19
Last Modified: 18 Nov 2021 11:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item