Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Efektivitas Penarikan Retribusi Pasar Terhadap Kualitas Pelayanan Pasar (Studi di Pasar Serang Plaza Kota Serang)

Wibowowati, Bhakty Lia and Sjafari, Agus and Rahmawati, Rahmawati (2010) Pengaruh Efektivitas Penarikan Retribusi Pasar Terhadap Kualitas Pelayanan Pasar (Studi di Pasar Serang Plaza Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi ANE A)
SKRIPSI_Bhakty_Lia_Wibowowati.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bhakty Lia Wibowowati, 061467, Analisis Efektivitas Penarikan Retribusi Pasar Dan Kualitas Pelayanan Pasar Di Pasar Serang Plaza Kota Serang, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kata Kunci : Efektivitas, Retribusi Pasar, Kualitas Pelayanan Fokus penelitian ini adalah analisis efektivitas penarikan retribusi pasar dan kualitas pelayanan pasar dengan lokus penelitian di Pasar Serang Plaza Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penarikan retribusi pasar dan kualitas pelayanan pasar di Pasar Serang Plaza Kota Serang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan dua variabel mandiri, subyek penelitian ini adalah pedagang yang tercatat oleh DISPERINDAGKOP Kota Serang yang berada di Pasar Serang Plaza sebanyak 721 pedagang dan sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Instrumen penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dari teori efektivitas menurut Gibson memuat 6 indikator dan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry memuat 5 indikator. Penelitian ini menggunakan kuesioner, penelitian ini mengambil sampel berjumlah 130 orang berdasarkan rumus Herry King dari populasi sebesar 721. Untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis satu sampel untuk uji pihak kiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan efektivitas penarikan retribusi pasar yaitu efektif dan kualitas pelayanan pasar masih sedang atau kurang maksimal. Hasil perhitungan menyatakan bahwa untuk efektivitas penarikan retribusi pasar angka t hitung > t tabel (10,05 > – 1,657) dan didukung dari hasil yang dicapai yaitu 72,87 persen dari nilai yang diharapkan dan kualitas pelayanan pasar angka t hitung < t tabel (– 7,13 < –1,657) dan didukung dari hasil yang dicapai yaitu 56,69 persen dari nilai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Bhakty Lia Wibowowati, 061467, Analysis Effectiveness of Withdrawal Retribution Market and Service Quality Market in Serang Plaza Market Serang City, Science Program Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa Keywords: Effectiveness, Retribution Market, Service Quality The focus of this research is the analysis effectiveness of withdrawal retribution market and service quality market with the locus of research at the Serang Plaza Market Serang City. The purpose of this research is to know how much the effectiveness of withdrawal retribution market and service quality market in Serang Plaza Market Serang City. The method used is descriptive quantitative with two variable independent. the subject of this research was the merchant of record by Disperindagkop Serang City was located in Serang Plaza Market where there were 721 traders as the population of the research. The sampling technique used was insidental sampling. Instruments of this study using primary data sources and secondary data. The effectiveness according to Gibson's theory contains six indicators, and the theory of service quality according to Zeithaml, Parasuraman, and Berry contains 5 indicators. This study used a questionnaire, the study sample were 130 respondents, according to the formula Herry King from a population of 721. To analyze the data using a single test sample hipotesist to test the left side. Based on research results showed that effectiveness of withdrawal retribution market is effective and service quality market was still a related and less than the maximum. The results of that calculation to the analysis effectiveness of withdrawal retribution market t count > t table (10,05 > –1,657) and supported from the results is 72,87 percent of the expected value and service quality market t count < t table (–7,13 < –1,657) and supported from the results is 56,69 percent of the expected value.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Dec 2012 07:08
Last Modified: 02 May 2013 05:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item