NURHAYATI, NURHAYATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN TAMAN KECAMATAN KIBIN KABUPATEN SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Tesis)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN K.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurhayati(7772150078) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Dengan Media Power Point Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SDN Taman Kecamatan Kibin Kabupaten Serang”. Tesis, Program StudiTeknologi Pembelajaran, Pascasarjana Sultan Ageng Tirtayasa, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS padamateri cara-cara menghadapi bencana alam dengan menggunakan pembelajarankooperatif tipe jigsawdengan media power pointpada siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan kibin Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK inidilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan kibin Kabupaten Serang. yang berjumlah 49 siswa, terdiri atas 29 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkandata meliputi observasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhirpertemuan tiap siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berbentuk pilihanganda dan lembar observasi proses belajar guru dan siswa. Teknik analisis datayang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajarankooperatif tipe jigsaw dengan media power point dalam pembelajaran IPS pada materi Cara-cara Menghadapi bencana alam telah berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Taman Kecamatan Kibin Kabupatean Serang. Adapun peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat dari pencapaian indikator 76 yaitu pada pra tindakan keaktifan mencapai 47,85. Pada siklus I 64,52, pada siklus II mencapai 76,06, dan peningkatan hasil belajarsiswa terlihat dari pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 yaitu,pada pra tindakan, ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 20 (%), nilai ratarata 41,63. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 61 (%), nilai rata-rata 67,14. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebanyak 41 (%).Selanjutnya, pada siklus II hasil belajarsiswa yang mencapai nilai KKM 70 sebanyak 86 (%), nilai rata-rata 75,31 selisih peningkatan nilai siklus I ke siklus II sebanyak 25 (%), dengan selisih nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II yaitu 8,17.Berdasarkan hasil di atas ditekankan agar seluruh siswa aktif dan dapat bekerjasama baik dengan siswa maupun siswa dengan guru dalampembelajaran/diskusi kelompok kecil pada pelajaran IPS, sehingga terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar sesuai yang diharapkan. Kata kunci: Keaktifan belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media power point
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRACT Nurhayati (7772150078) “Application Of Cooperative Learning The Activity And Learning Result Students Of IPS Study Learning At Grade VI SDN Taman Kecamatan kibin Kabupaten Serang-Banten”, Thesis, Instructional technology Program, Postgradute, Universiyy of Siltan ageng Tirtayasa, 2017. This study aims to improve the activity and learning outcomes of IPS on the material ways of dealing with natural disasters by using cooperative learning type jigsaw with power point media on the students of class VI SDN Taman Kecamatan kibin Serang regency. This research is a Classroom Action Research (PTK). This PTK with two cycles, each cycle consists of two meetings. At each cycle there are activities of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research are the students of grade VI SDN Taman Kecamatan kibin Serang Regency. Which consists of 49 students, consisting of 29 male students and 20 female students. The methods used to collect data include observation and test (multiple choice) conducted at the end of each cycle meeting. The instrument used is a matter of multiple choice test and observation sheet of teacher and student learning process. Data analysis technique used is qualitative descriptive analysis technique. The results showed that the use of cooperative learning method type jigsaw with the media power point in the IPS lesson on the materials Facing natural disasters has succeeded in improving the activity and learning outcomes of grade 6 students of SDN Taman Kecamatan Kibin Kabupatean Serang. The improvement of student learning activeness seen from the achievement of indicator 76 that is on pre active activity reach 47,85. In cycle I 64,52, in cycle II reach 76,06, and improvement of student learning result seen from attainment of Minimum Exhaustiveness Criterion score (KKM) 70 that is, at pre action, mastery of student achievement reaches 20 (%), 41,63. In the first cycle of completeness of student learning outcomes reached 61 (%), the average value of 67.14. The increase from pre action to cycle I is 41 (%). Furthermore, in the second cycle, the students' learning achievement reached KKM 70 value of 86 (%), the average value of 75,31 difference in the increase of cycle I to cycle II was 25 (%), with the difference between the average value of cycle I and Cycle II is 8.17. Based on the above results, it is emphasized that all students are active and able to work well with students and students with teachers in small group lessons / lessons in IPS lesson, so that there is an increase in activity and learning outcomes as expected. Keywords: liveliness learning, learning outcomes, cooperative learning type jigsaw with power point media | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2021 09:50 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2021 09:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7372 |
Actions (login required)
View Item |