Anggriani, Shara and Waseh, Hasuri and Nugroho, Kandung Sapto (2016) STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA TANGERANG DALAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR ANYAR KOTA TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Shara Anggriani - 2016)
STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH PASAR KOTA TANGERANG DALAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR ANYAR - Copy.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Shara Anggriani. NIM. 6661111249. 2016. Skripsi. Strategi Perusahaan Daerah Pasar Kota Tangerang dalam Penataan Pedagang Kaki Lima di Pasar Anyar Kota Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen I, Drs. Hasuri, M.Si.; Dosen II, Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si. Penataan pedagang kaki lima merupakan upaya yang dilakukan untuk menata dan menertibkan pedagang kaki lima. Tujuan dari penataan pedagang kaki lima adalah untuk menciptakan keindahan kota sesuai dengan peraturan daerah. Perusahaan Daerah Pasar Kota Tangerang dalam penataan PKL dihadapkan oleh beberapa masalah, seperti kurangnya pengawasan kepada PKL yang nakal, Jumlah SDM dalam menangani PKL masih terbatas, belum ada pembinaan yang diberikan kepada pedagang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi PD Pasar dalam penataan PKL di Pasar Anyar. Penelitian ini menggunakan teori teknik analisis SWOT menurut Fred R. David. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan belum optimalnya strategi yang dijalankan oleh PD Pasar karena beberapa faktor yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal antara lain sumber pendapatan retribusi menjadi sepenuhnya hak pengelolaan PD Pasar dan adanya penolakkan dari PKL. Faktor internal antara lain jumlah SDM dalam menangani PKL masih terbatas, belum bisa merubah pola pikir dari PKL, belum ada pembinaan yang diberikan kepada pedagang. Saran penelitian agar strategi PD Pasar lebih optimal adalah memberikan kesempatan kepada PKL ikut terlibat dalam tahap musyawarah pada forum diskusi, mengadakan pembinaan kepada PKL dengan pendekatan yang persuasif dan mengadakan pusat jajanan di dalam Pasar Anyar. Kata Kunci: Penataan, Pedagang Kaki Lima, Strategi
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Shara Anggriani. NIM. 6661111249. 2016. Thesis. Strategy of Market Regional Company Tangerang City in structuring street vendors in Anyar Market, Tangerang City. Major of Public Administration Science. The Faculty of Social Science and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 1st Advisor, Drs. Hasuri, M.Si.; 2nd Advisor, Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si. Structuring of street vendors is the effort made to organize and regulate the street vendors. The arrangement of street vendors had Main purpose to created particular magnificence of the city in accordance with local regulations. In structuring The street Vendors, Tangerang City Market Regional Company Confronted by several problems, such as lack of supervision to the irresponsible Street Vendors, Total of the Human resources that could deal with the street vendors was still limited, there was no specific guidance given to the vendors. The purpose of this study was to figure out the strategy used in structuring Regional Company Pasar Anyar Market street vendors. This study used the theory of SWOT analysis techniques by Fred R. David. The method used in this research is qualitative descriptive. The results showed not optimal strategy pursued by regional company market due to several factors that come from internal and external factors. External factors such as sources of retribution income was fully the rights of the Market management as Regional company and the rejection of street vendors. Internal factors such as the number of human resources is still limited in dealing with street vendors, had not been able to change the mindset of street vendors, there was no specific guidance given to the vendors itself. Suggestions of research for the strategy to be optimal for the regional company of market is to give opportunity to the vendors involved in the stage of deliberation on the discussion forum, implement coaching strategy for the vendors with a persuasive approach and hold a market center on Anyar Market. Keywords: Regulation, Street Vendors, Strategy |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 08:27 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 08:27 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/716 |
Actions (login required)
View Item |