Safitri, Atika Indah and Syamsuri, Syamsuri and Jaenudin, Jaenudin (2021) Konstruksi Konsep Fungsi Matematis Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS. WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2 (3). pp. 149-165. ISSN 2774-9304
Text
12353-33442-1-PB.pdf - Published Version Download (628kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konstruksi konsep fungsi matematis bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang yang telah mendapatkan materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis berbentuk uraian dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami mekanisme mental yang spesifik dalam mengonstruksi konsep fungsi matematis. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tahapan interiorization (action menuju process) merupakan tahapan penting dalam mengontruksi konsep fungsi matematis karena mempengaruhi kesempurnaan konstruksi pada tahap selanjutnya, baik pada proses, objek, maupun skema.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dr. Syamsuri Syamsuri |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 11:18 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 11:18 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7020 |
Actions (login required)
View Item |