JUHAERIAH, EUIS and Supriadi, Oman and Listyaningsih, Listyaningsih (2015) EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (EUIS JUHAERIAH - ANE 2015)
EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PE - Copy.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Euis Juhaeriah. NIM. 6661081081. Skripsi. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing 1: Drs. Oman Supriadi, M.Si. Dosen Pembimbing 2: Listyaningsih, S.Sos, M.Si Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada bidang administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean yang terdiri dari 6 indikator : kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, intensi penggunaan, kepuasan pemakai dan manfaat bersih. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pegawai yang menggunakan SIAK dalam kegiatan pekerjaannya yaitu 23 orang dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menyebar angket/kuisioner. Penganalisisan data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel dengan uji pihak kanan. Hasil perhitungan diperoleh thitung > t tabel (2,2 > 1,717) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIAK di Kota Tangerang mencapai angka 74,26% pada skala interval didapat nilai baik. Indikator terendah (71,3%) yaitu kualitas pelayanan dan indikator tertinggi (76,55%) yaitu kualitas sistem. Saran dari peneliti adalah membuat standar operasional prosedur yang akurat; melakukan pengecekkan data secara langsung guna meningkatkan kualitas informasi; memberikan fasilitasi sarana dan prasarana yang baik.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Euis Juhaeriah. NIM. 6661081081. Essay. Evaluation of Implementation Population Administration Information System in Population and Civil Registration Agency Tangerang Municipal. Programme Study of Public Administration Science. Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. Advisor 1: Drs. Oman Supriadi, M.Si. Advisor 2: Listyaningsih, S.Sos, M.Si Keywords : Evaluation, Population Administration Information System The use of Population Administration Information System aims to improve public quality service in the field of population administration at the Population and Civil Registration Agency Tangerang Municipal. The purpose of this research is to know how much the application of SIAK at Population and Civil Registration Agency. This Research is using the the delone and mclean model of information systems success which consist of 6 indicator (system quality, information quality, service quality, application intention, user satisfaction, and clean benefit). The method that will be used is descriptive method with quantitative approach. The research population are the employees using SIAK in their daily activity which consist of 23 people with saturated sampling technique. The technique used for gathering data is by spreading questionnaire. Analysis data using hypothesis ttest one sample with right side test. The calculation result obtained from thitung > 2,2 t tabel (2,2 > 1,717) then Ho is rejected and Ha is accepted. Result of this research show that the used of SIAK reach 74,26% score on interval scale get good score. Lowest indicator (71,3 %) that is service quality and highest indicator (76,55%) that is system quality. Researcher advised that making accurate operational standard; Doing data checking directly to increase the quality of information; giving good infrastructure and facilitation |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 04:14 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:14 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |