Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISTIK DIMENSI UTAMA KAPAL BUBU LIPAT DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KARANGANTU KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Nurhayati, Ade (2015) KARAKTERISTIK DIMENSI UTAMA KAPAL BUBU LIPAT DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KARANGANTU KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
KARAKTERISTIK DIMENSI UTAMA KAPAL BUBU LIPAT DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KARANGANTU KOTA SE.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (3MB)

Abstract

Measurement of the main dimensions of the vessel was conducted to determine the ratio of the major dimensions of fishing boats, covering L/B, L/D and B/D that affect to the strength, speed and stability. The experiment was conducted in February-November 2014 in Archipelagic Fishing Port of Karangantu Serang Banten. The research method is a survey. The data collection method is a census. Data was analyzed by descriptive method. Distribution of the main dimensions of traps have a variety sizes, length (LOA) 7.54-10.83 meters; Ldeck 5.10-9.01 meters; Breadth (Bmax) 1.50-2.30 meters; Bdeck 1.20-2.03 meters and depth (D) 0.38-0.93 meters. Ship with a small value of L/B use more traps and have higher wet area. Ship with a small value of L/D use more traps because have more storage space. Ship with a small value of B/D have of low stability. It use more traps that means weight and the exact position of the charge will increase the stability of the ship. Power of the engine on the boat of traps not based on aspects of L/B, L/D and B/D, furthermore based on economic aspects and habits of fishermen, where the use of the power of the engine 16 PK is sufficient used on traps ships. Keywords: Archipelagic Fishing Port of Karangantu, main dimensions, ratio, ship, traps

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSusanto, Adi198309202010121004
Thesis advisorIrnawati, Ririn198309112009122005
Additional Information: Bentuk dan jenis kapal perikanan berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh perbedaan tujuan usaha penangkapan, spesies target dan kondisi perairan (Rakhmadevi 2004). Karakteristik kapal perlu dipelajari karena berkaitan dengan konstruksi kapal, yang dapat digunakan untuk mengetahui kapasitas muat, ukuran, model dek, akomodasi, mesin dan komponen lainnya sesuai dengan fungsi pengoperasiannya (Fyson 1985 diacu dalam Muharam 2011). Penelitian mengenai karakteristik dimensi utama kapal bubu lipat di PPN Karangantu belum pernah dilakukan. Pengukuran dimensi utama kapal dilakukan untuk mengetahui rasio dimensi utama meliputi L/B, L/D dan B/D yang berpengaruh terhadap kekuatan, kecepatan dan stabilitas kapal (Tangke 2010). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan dimensi utama kapal bubu lipat dan menganalisis hubungan rasio dimensi utama kapal dengan jumlah bubu dan kekuatan mesin yang digunakan di PPN Karangantu. Penelitian dilaksanakan selama 10 bulan yaitu pada bulan Februari- November 2014. Pengambilan data dilakukan selama satu bulan mulai dari bulan Mei-Juni 2014 di PPN Karangantu Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengukuran langsung, observasi dan wawancara dengan pemilik kapal. Aspek yang diteliti ada tiga yaitu (1) dimensi utama kapal meliputi panjang kapal (LOA), panjang dek, lebar kapal (Bmax), lebar dek dan dalam kapal (depth). (2) jenis dan kekuatan mesin. (3) ukuran dan jumlah bubu. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kondisi objek penelitian, dimensi utama dan rasio dimensi utama kapal bubu lipat. Analisis komparatif digunakan untuk membandingkan nilai rasio dimensi utama kapal dengan nilai pembanding kapal static gear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran dimensi utama kapal bubu memiliki ukuran yang beragam. Kisaran panjang (LOA) 7,54-10,83 meter; Ldeck berkisar 5,10-9,01 meter; lebar (Bmax) berkisar 1,50-2,30 meter; Bdeck berkisar 1,20-2,03 meter dan dalam (D) berkisar 0,38-0,93 meter. Beragamnya ukuran dimensi utama kapal diduga karena kapal di PPN karangantu dibuat di galangan tradisional dan belum didasari dengan perhitungan teknis maupun gambar-gambar desain. Tangke (2010) mengungkapkan bahwa pembuatan kapal secara tradisional biasanya tidak didasari pada perencanaan dan perhitungan yang jelas sehingga dalam pembuatannya selalu ada perubahan karakteristik pada bentuk kapal. Kapal dengan nilai L/B kecil membawa jumlah bubu yang banyak. Utomo (2010) menyatakan bahwa penentuan lebar kapal berkaitan dengan daya dorong dan penentuan tinggi kapal berkaitan erat dengan penyimpanan barang serta letak titik berat kapal, sehingga semakin banyak alat tangkap berpengaruh terhadap kecepatan kapal. Hal ini diduga karena tahanan gerak yang dialami kapal membesar dengan adanya alat tangkap yang lebih banyak sehingga kecepatan kapal berkurang. Kapal dengan nilai L/D kecil membawa bubu lebih banyak karena nilai dalam kapal (D) tinggi sehingga dapat memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar. Kapal dengan nilai B/D kecil memiliki stabilitas rendah dan membawa bubu lebih banyak. Susanto (2010) menyatakan bahwa nilai B/D dapat menunjukkan kapasitas muat kapal. Kapal yang memiliki kapasitas muat yang besar tentunya akan memiliki nilai B/D yang besar dan stabilitas yang baik. Jumlah bubu yang semakin banyak dengan pembagian berat muatan yang tepat pada badan kapal dapat membantu meningkatkan stabilitas kapal. Kekutan mesin pada kapal bubu belum didasarkan pada aspek L/B, L/D dan B/D namun lebih didasarkan pada aspek ekonomi dan kebiasaan nelayan, dimana kekuatan mesin 16 PK sudah cukup memadai digunakan pada kapal bubu. Kata kunci: bubu, dimensi utama, kapal, PPN Karangantu, rasio
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bubu, dimensi utama, kapal, PPN Karangantu, rasio Keywords: Archipelagic Fishing Port of Karangantu, main dimensions, ratio, ship, traps
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54244-Program Studi Ilmu Perikanan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Nov 2021 14:53
Last Modified: 11 Nov 2021 14:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item