Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU SENI TARI RAMPAK BEDUG KEPADA SISWA TUNA RUNGU DAN SISWA TUNA GRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS (SKh) KORPRI PANDEGLANG

AGHNADYA, WILDIANA and Nursih, Isti and Prasetya, Teguh Iman (2015) KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU SENI TARI RAMPAK BEDUG KEPADA SISWA TUNA RUNGU DAN SISWA TUNA GRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS (SKh) KORPRI PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (WILDIANA AGHNADYA)
KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU SENI TARI RAMPAK BEDUG KEPADA SISWA TUNA RUNGU DAN SISWA TUNA GRAHI - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wildiana Aghnadya, Nim. 6662100046. Komunikasi Instruksional Guru Seni Tari Rampak Bedug Kepada Siswa Tuna rungu Dan Siswa Tuna grahita Di Sekolah Khusus (SKh) KORPRI Pandeglang. Pendidikan adalah komunikasi dalam arti kata bahwa dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas manusia, yakni pengajar sebagai komunikator dan pelajar sebagai komunikan Untuk mencapai interaksi belajar mengajar perlu adanya komunikasi yang jelas antara guru dengan siswa, sehingga terpadu dua kegiatan mengajar dan kegiatan belajar. Proses pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Khusus (SKh) KORPRI Pandeglang membutuhkan suatu bentuk komunikasi instruksional yang efektif antara guru kepada siswa tunarungu dan tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi instruksional dalam bentuk verbal dan non verbal. Pendekatan pengkajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualiltatif. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan menggunakan key informan. Setelah dilakukan proses penelitian, maka diperoleh hasil penelitian bahwa komunikasi instruksional yang dilakukan guru menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Bentuk komunikasi verbal menggunakan bahasa lisan dengan penggunaan kata-kata yang sederhana dan tidak bertele-tele baik ke siswa tunarungu maupun tunagrahita. Komunikasi nonverbal yang digunakan guru seni tari rampak bedug kepada siswa tunarungu di SKh KORPRI Pandeglang dengan menggunakan komunikasi nonverbal gerakan tubuh dalam bentuk emblem, illustrator, effect display, regulator dan adaptor. Sedangkan bentuk komunikasi non verbal pada siswa tunagrahita lebih kepada gerakan tubuh, mimik wajah, isyarat bunyi, dan intonasi vokal. Kata Kunci: Anak Tunarungu dan Tunagrahita, Sekolah Khusus (SKh) KORPRI Pandeglang, Komunikasi Instruksional ix

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Wildiana Aghnadya, Nim. 6662100046. Instructional Communication Teacher Of Rampak Bedug Dancer To Hearing Impairment And Mental Retardation Students At Disabilities School KORPRI Pandeglang. Education is communication within the meaning of that in the process involved two components consisting of a human, a student as a communicator and a teacheras a communicant to achieve teaching and learning interactions need for clear communication between teachers and students, so as to create to teaching and learning activities. The learning process for children with disabilities (ABK) in Disabilities Schools (SKH) KORPRI Pandeglang requires an effective approach to interpersonal communication between teachers and students with hearing impairment and mental retardation. The purpose of this research was to determine the instructional communication and rampak bedug dance teacher’s techniques for students with hearing impairment and mental retardation in SKH KORPRI Pandeglang. The purpose of this study was to determine the instructional communication in the form of verbal and non-verbal. While this research method using qualitative description method by using key informants. After done the research process, the results of the research that instuctional communication is donerampak bedug dance teacher for students with hearing impairment and mental retardation in SKH KORPRI Pandeglang using verbal and nonverbal communication. Verbal communication is done by speaking directly and instructed, and non-verbal communication is done with vocal intonation, sound cues, gestures, and facial expressions. Nonverbal communication used for deaf students are: engineering emblems, regulators, illustration and effects display. While the form of non-verbal communication in a more retarded students to body movements, facial expressions, sound signals and vocal intonation. Keywords: Hearing impairment and mental retardation, Disabilities School KORPRI Pandeglang, Instruction Communication
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:46
Last Modified: 20 Jul 2016 08:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item