Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Kurikulum Tanggap Bencana bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Warih Handoyo, Alfiandy and Afiati, Evi and Yunika Khairun, Deasy (2020) Kurikulum Tanggap Bencana bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang 2020. pp. 35-42. ISSN 2746-3303

[img] Text
56-110-1-SM.pdf

Download (395kB)

Abstract

Bencana alam dapat menimbulkan banyak dampak. Salah satu dampak yang paling ditakutkan dari bencana alam adalah trauma. Trauma apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dapat berdampak massif dan berkelanjutan. Sekolah perlu membekali para peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan menghdapi situasi kebencanaan. Bimbingan dan konseling memegang peran kunci dalam upaya menyiapkan dan mengangani dampak kebencanaan pada peserta didik. Para calon guru bimbingan dan konseling harus dibekali dengan pengetahuan dan keteampilan penanganan kebencanaan agar saat bertugas mampu memberikan layanan terbaik dan optimal khususnya saat menghadapi situasi kebencanaan. Penelitian dilakukan dengan metode kajian literatur. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui urgensi kurikulum tanggap bencana beserta kompetensi yang diperlukan bagi mahasiswa bimbingan dan konseling. Hasil kajian menunjukkan bahwa para calon guru bimbingan dan konseling secara umum telah mendapatkan pengetahuan, hanya kurang tegas dalam mengimplementasikan pengetahuan terkait penanganan kebencanaan pada peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Trauma; Mahasiswa; Kurikulum; Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Dr. Evi Afiati
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:42
Last Modified: 22 Nov 2021 13:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item View Item