Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SISWA SMA N 2 KRAKATAU STEEL CILEGON PADA MATA PEAJARAN BIOLOGI

ANDARI, ANGGI RIZKA (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SISWA SMA N 2 KRAKATAU STEEL CILEGON PADA MATA PEAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI _2224180037_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI _2224180037_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANGGI RIZKA ANDARI_2224180037_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Self-efficacy influences students' success in the academic field, self-efficacy has an influence in increasing learning motivation.This research aims to determine the influence of self-efficacy on students' intrinsic learning motivation in biology subjects. The method used is ex post facto.Ex Post Facto is research that examines cause-and-effect relationships that are not manipulated or treated with the variables studied. This research was carried out at SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon classes X and XI in the 2022/2023 academic year. The sampling technique used in this research was simple random sampling. The results of the research showed that there is an influence of self-efficacy on students' intrinsic learning motivation with a sig value of 0.000 less than 0.05 and the results of the coefficient of determination test show that self-efficacy contributes 39.3% to the increase or decrease in the intrinsic learning motivation of students at SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUTARI, ENGGAR197103152002122001
UNSPECIFIEDMARIANINGSIH, PIPIT198408162008122004
Additional Information: Efikasi diri berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam bidang akademik, dan efikasi diri memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Ex Post Facto merupakan penelitian yang meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau diberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon kelas X dan XI tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar intrinsik siswa SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon serta hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa efikasi diri memberikan kontribusi sebesar 39,3% terhadap kenaikan maupun penurunan dari motivasi belajar intrinsik siswa SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: ANGGI RIZKA ANDARI
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:18
Last Modified: 28 Jul 2025 08:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/52212

Actions (login required)

View Item View Item