Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 VALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU

Muzakki, Kholis (2022) PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 VALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Tugas Akhir - Kholis Muzakki - 3331170030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Laporan Tugas Akhir - Kholis Muzakki - 3331170030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)

Abstract

Motor bakar adalah mesin kalor yang menggunakan proses pembakaran dalam yang tertutup untuk mengubah energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar menjadi energi mekanis. Ini berarti energi kimia dalam bahan bakar terlebih dahulu diubah menjadi energi panas melalui proses pembakaran. Penentuan waktu pengapian yang tepat merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan kinerja motor yang optimal. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan SFC, torsi dan daya yang dihasilkan sepeda motor dengan mesin DOHC 177cc 4 valve yang divariasi dengan variasi waktu pengapian yaitu 24°, 27°, 30°, 33° dan 36° sebelum titik mati atas. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji dynotest dan uji konsumsi bahan bakar. Langkah pertama yang dilakukan dengan mempersiapkan alat, bahan serta pengecekan kondisi dan melakukan tune up pada sepeda motor. Kemudian mengatur derajat waktu pengapian tanpa adanya perubahan lain. Melakukan percobaan dynotest, specific fuel consumption, serta analisa data. Dilakukan secara eksperimental dengan putaran mesin 5000 sampai 13000 rpm menggunakan alat dynamometer Super Dyno 50L dan variasi derajat waktu pengapian yang digunakan adalah 24°, 27°, 30°, 33° dan 36° sebelum titik mati atas. Kemudian uji bahan bakar dilakukan dengan mengukur bahan bakar yang di konsumsi selama 2 menit pada putaran mesin 11500 rpm. Hasilnya menunjukan bahwa nilai torsi dan daya meningkat pada pengujian dengan masing-masing variasi waktu pengapian, dengan nilai torsi tertinggi pada pengujian dengan waktu pengapian 36° mencapai 16,54 N.m pada putaran mesin 8750 rpm. Nilai daya tertinggi didapat pada waktu pengapian 36° mencapai 25,77 hp pada putaran mesin 11750 rpm, Nilai SFC mengalami penurunan pada setiap pengujian variasi waktu pengapian dengan waktu pengapian 24°, 27°, 30°, 33° dan 36° berturut-turut adalah 0,355027 kg/kWh, 0,338934 kg/kWh, 0,326224 kg/kWh, 0,318126 kg/kWh, dan 0,310504 kg/kWh.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorCaturwati, Ni ketut196706022001122001
UNSPECIFIEDYusuf, Yusvardi197910302003121001
Uncontrolled Keywords: Motor Bakar, Waktu Pengapian, Torsi, Daya, SFC
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:40
Last Modified: 09 Jul 2025 04:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50953

Actions (login required)

View Item View Item