Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI MEMBACA AL QUR’AN DENGAN METODE IQRA UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL SERANG - BANTEN. (Penelitian Kualitatif Deskriptif di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang)

MIAWATI, SITI (2025) IMPLEMENTASI MEMBACA AL QUR’AN DENGAN METODE IQRA UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL SERANG - BANTEN. (Penelitian Kualitatif Deskriptif di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Siti Miawati_2228210010_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MIAWATI_ 2228210010_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)

Abstract

This study aims to describe the implementation of reading the Qur'an with the Iqro method for children aged 4-5 years at PAUD Bina Bangsa Islamic School through the Igro' media in learning to recite the Qur'an in the morning. This activity is an activity in developing the ability to read the Qur'an with the Iqro method for children aged 4-5 years in group A Jumadal Ulla. This study is a descriptive qualitativestudy with a phenomenological research design. The subjects of this study were the principal, grade I teachers, and students in group A. Data collection techniques used interview, observation, and documentation techniques. Data validity techniques used triangulation techniques. Furthermore, the data will be analyzed using three data analysis flows, namely: d drawing conclusions. The results obtained in this study are th eduction, data presentation, and lementation of the Iqro method taught to children is adjusted to the child's ability, some are fast or slow in reading Iqro' based on volumes 1 to 6. Iqro method activities are carried out every day in the morning or can also be carried out when the center rotation in the worship center at the beginning of the recitation, make a circle after that the teacher gives LKPD then explains for the children to work on and recite Iqro so that the children come forward one by one without or according to the order of coming to school, not fighting and conducive because other children are given assignments so they do them.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFADHULLAH, FADHULLAH197712302002121003
Thesis advisorASMAWATI, LULUK197306072008122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi membaca al quran dengan metode iqro anak usia 4-5 tahun di PAUD bina bangsa islamic school melalui media Iqro‘ dalam pembelajaran mengaji di pagi hari Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan membaca al quran dengan metode iqro anak usia 4-5 tahun di kelompok A jumadal ulla Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 1, dan siswa siswa kelompok A Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan tiga alur analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah implementasi metode iqro yang diajarkan pada anak disesuaikan dengan kemampuan anak ada yang cepat atau lambat dalam membaca Iqro‘ berdasarkan jilid 1 sampai dengan 6. Kegiatan metode iqro diilaksanakan setiap hari di di pagi hari atau juga bisa di laksanakan ketika perputaran sentra di sentra ibadah awal mengaji membuat lingkaran setelah itu guru memberikan LKPD lalu menjelaskan untuk anak lerjakan dan mengaji iqro jadi anak maju kedepan satu persatu tanpa atau sesuai urutan datang kesekolah tidak berebutan dan kondusif karena anak yang lain di berikan tugas jadi mengerjakannya.
Uncontrolled Keywords: Implementation of reading the Quran using the Igro method for children aged 4-5 year Implementasi membaca al-quran dengan metode igro anak usia 4-5 tahun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mrs Siti Miawati
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:29
Last Modified: 06 Aug 2025 07:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50360

Actions (login required)

View Item View Item