Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI WAKTU GESEK DAN KECEPATAN PUTAR PADA RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENYAMBUNGAN ALUMINIUM 6063

SANTO ARNOLDUS, CALVIN (2025) PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI WAKTU GESEK DAN KECEPATAN PUTAR PADA RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENYAMBUNGAN ALUMINIUM 6063. S1 thesis, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Fulltext)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (Bab 3)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (Bab 4)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (Bab 5)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Lampiran)
Calvin Santo Arnoldus_3334200036_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rancang bangun mesin rotary friction welding (RFW) yang telah dilakukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2015 sudah memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter tekanan aksial, namun belum memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter waktu gesek dan kecepatan putar. Akibatnya, pengukuran waktu gesek masih mengandalkan stopwatch, sementara pengukuran kecepatan putar masih menggunakan tachometer. Hal ini membuat pengukuran parameter proses belum dapat dilakukan secara aktual dan kurang optimal, terutama dalam penyambungan Aluminium 6063. Berdasarkan adanya keterbatasan pada mesin RFW yang dirancang sebelumnya maka mesin rotary friction welding ini perlu dilakukan pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar. Proses pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar ini menggunakan rangkaian listrik sederhana yang tersusun di dalam panel box agar mempermudah pengoperasian pada mesin rotary friction welding. Pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar pada mesin bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dalam mendapatkan hasil sambungan yang konsisten. Hasil sambungan yang konsisten berarti semua hasil pengelasan yang diujikan dapat menyambung dan tidak ada hasil pengelasan yang gagal terbentuk ikatan. Setelah dimodifikasi, mesin RFW dilakukan uji performa menggunakan material Aluminium 6063 dengan parameter penyambungan antara lain waktu gesek dan kecepatan putar. Variasi waktu gesek yang digunakan adalah 5 detik, 7 detik, dan 9 detik. Sementara itu, variasi kecepatan putar adalah 1900 rpm, 2100 rpm, dan 2300 rpm. Hasil pengujian tarik memperoleh kekuatan tarik maksimum pada sambungan sebesar 158,3 MPa atau 69,7% dari kekuatan logam dasar sehingga pengembangan sistem kendali ini menunjukkan peningkatan performa karena dapat mengukur parameter secara aktual dan terkontrol daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMURIANI ZULAIDA, YENI197401032005012001
Thesis advisorSURYANA, SURYANA197402162001121001
Additional Information: Rancang bangun mesin rotary friction welding (RFW) yang telah dilakukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2015 sudah memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter tekanan aksial, namun belum memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter waktu gesek dan kecepatan putar. Akibatnya, pengukuran waktu gesek masih mengandalkan stopwatch, sementara pengukuran kecepatan putar masih menggunakan tachometer. Hal ini membuat pengukuran parameter proses belum dapat dilakukan secara aktual dan kurang optimal, terutama dalam penyambungan Aluminium 6063. Berdasarkan adanya keterbatasan pada mesin RFW yang dirancang sebelumnya maka mesin rotary friction welding ini perlu dilakukan pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar. Proses pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar ini menggunakan rangkaian listrik sederhana yang tersusun di dalam panel box agar mempermudah pengoperasian pada mesin rotary friction welding. Pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar pada mesin bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dalam mendapatkan hasil sambungan yang konsisten. Hasil sambungan yang konsisten berarti semua hasil pengelasan yang diujikan dapat menyambung dan tidak ada hasil pengelasan yang gagal terbentuk ikatan. Setelah dimodifikasi, mesin RFW dilakukan uji performa menggunakan material Aluminium 6063 dengan parameter penyambungan antara lain waktu gesek dan kecepatan putar. Variasi waktu gesek yang digunakan adalah 5 detik, 7 detik, dan 9 detik. Sementara itu, variasi kecepatan putar adalah 1900 rpm, 2100 rpm, dan 2300 rpm. Hasil pengujian tarik memperoleh kekuatan tarik maksimum pada sambungan sebesar 158,3 MPa atau 69,7% dari kekuatan logam dasar sehingga pengembangan sistem kendali ini menunjukkan peningkatan performa karena dapat mengukur parameter secara aktual dan terkontrol daripada sebelumnya.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Calvin Santo Arnoldus
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:18
Last Modified: 01 Jul 2025 02:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50282

Actions (login required)

View Item View Item