Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PERUMAHAN VILA TOMANG BARU 2 RT06/RW01, KUTABUMI, KAB. TANGERANG - BANTEN

ASHADI, NANDA SHAFIRA (2025) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PERUMAHAN VILA TOMANG BARU 2 RT06/RW01, KUTABUMI, KAB. TANGERANG - BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI_2228200004_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI_2228200004_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI_2229200004_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NANDA SHAFIRA ASHADI _2228200004_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Character education in early childhood serves as a vital foundation for developing a disciplined and responsible personality. One of the primary influences in this developmental stage is the parenting style applied by parents in everyday life. This study aims to explore the parenting styles employed by parents in fostering discipline in children aged 5–6 years in the Vila Tomang Baru 2 housing complex, RT06/RW01, Kutabumi, Tangerang Regency. Using a qualitative approach with a descriptive method, data were collected through observation, interviews, and documentation involving five parents and two children within the specified age range. The participants were parents with a high school educational background, most of whom were housewives. The findings reveal that the democratic parenting style is the most prevalent, characterized by the implementation of rules supported by explanations, open communication, and consistent role modeling. Factors supporting the development of discipline includes parental consistency, effective communication, and a socially supportive environment. Conversely, challenges include parental inconsistency in rule enforcement and the negative impact of technology. These results emphasize the importance of conscious and consistent parenting strategies in shaping children's character from an early age.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASMAWATI, LULUK197306072008122001
Thesis advisorWARDHANI, DINA KUSUMA198110022014042001
Additional Information: Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk kepribadian yang disiplin dan bertanggung jawab. Salah satu peran utama dalam pembentukan karakter tersebut adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak usia 5–6 tahun di Perumahan Vila Tomang Baru 2 RT06/RW01, Kutabumi, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap lima orang tua yang memiliki anak usia 5–6 tahun. Subjek penelitian merupakan orang tua berlatar belakang pendidikan menengah (SMA) yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga dan dua orang anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis adalah yang paling dominan diterapkan di Vila Tomang Baru 2 RT 06/RW 01. Pola ini ditandai dengan pemberian aturan yang disertai penjelasan dan komunikasi terbuka, serta penerapan disiplin melalui pembiasaan dan keteladanan. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter disiplin antara lain konsistensi orang tua, komunikasi yang baik, dan lingkungan sosial yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambat mencakup tidak konsisten orang tua dalam menegakkan aturan dan pengaruh negatif teknologi.
Uncontrolled Keywords: Parenting Style, Discipline, Early Childhood, Family, Character Development Pola Asuh, Disiplin, Anak Usia Dini, Keluarga, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nanda Shafira Ashadi
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:41
Last Modified: 10 Jul 2025 01:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item View Item